Ibu Kota Pindah, Bank Siap Tambah Kantor Cabang

Dibaca: 128 kali  Kamis,13 Juli 2017 | 10:30:16 WIB
Ibu Kota Pindah, Bank Siap Tambah Kantor Cabang
Ket Foto : bank

HALOBISNIS.COM-Rencana pemindahan Ibu Kota ke luar Pulau Jawa terus dimatangkan oleh pemerintah. Bahkan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) saat ini sudah menyiapkan kajian yang ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Suprajarto mengatakan, perseroan siap menambah kantor cabang di ibu kota yang baru.

Tapi saat ini, BRI sudah memiliki satu kantor cabang dan beberapa kantor cabang pembantu di calon Ibu Kota yang baru, Palangka Raya.

"Di setiap Ibu Kota Kabupaten kami juga sudah ada cabang, cabang pembantu dan kantor unit, jadi tinggal mempelajari penambahannya saja," kata Suprajarto kepada detikFinance, Kamis (13/7/2017).

Dia menambahkan, untuk penambahan cabang dibutuhkan persiapan khusus. Menurut dia, bank juga masih menunggu hasil kajian dan kepastian dari pemerintah.

Direktur Utama PT Bank Mayapada Tbk Hariyono Tjahjarijadi mengatakan jika rencana pemindahan Ibu Kota sudah direalisasikan maka bank juga akan mengikuti pembukaan cabang di tempat yang baru.

"Sebetulnya jika Ibu Kota pindah, kantor pusat tidak harus pindah juga, jadi bank cukup buka cabang di sana," kata Hariyono.

Hal ini karena konsepnya, Ibu Kota yang baru adalah kota pemerintahan namun pusat bisnis tetap berada di Jakarta.

"Seperti halnya New York dan Washington DC serta Toronto dan Ottawa," imbuh dia.

Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari statistik perbankan Indonesia (SPI) per April 2017 jumlah kantor cabang bank di Kalimantan tercatat 304 unit. Dengan rincian Kalimantan Selatan 73 kantor, Kalimantan Timur 113 Kantor, Kalimantan Barat 74 kantor dan Kalimantan Tengah 44 Kantor.

Sedangkan dari sisi penghimpunan dana per April 2017 tercatat Rp 199,08 miliar dengan rincian Kalimantan Selatan Rp 44,72 miliar, Kalimantan Barat Rp 48,21 miliar, Kalimantan Timur Rp 84,35 miliar dan Kalimantan Tengah Rp 21,79 miliar.

 

Editor: Endang

Sumber: Detik.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri