Kadistan Hendri Dunan, Ingin Nenas Kampar, Bisa di Export Keluar Negeri

Dibaca: 228 kali  Selasa,13 Juni 2017 | 15:34:56 WIB
Kadistan Hendri Dunan, Ingin Nenas Kampar, Bisa di Export Keluar Negeri
Ket Foto : Nenas

HALOBISNIS.COM - Ditahun 2017 ini Dinas Pertanian Kabupaten Kampar, mulai melirik agar Nenas yang ditanam petani Kampar bisa di ekspor keluar negeri. Karena saat sekarang pasaran buah nenas indonesia sudah terasa nikmatnya oleh masyarakat dari negara eropa.

"Untuk itu dengan kesempatan ini saya akan menjajaki distributor nenas yang memasarkan ke luar negeri. Dan mudah-mudahan dengan hal ini bisa membuat gairah petani nenas kampar untuk meningkatkan hasil pertaniannya agar lebih baik lagi,"ujarnya, Selasa (13/6).

Namun tentunya dengan adanya rencana ini, sebut Hendri Dunan. Pembinaan kepada petani nenas harus diberikan oleh pemerintah. "Agar petani nenas bisa bertani dengan baik serta memiliki hasil buah yang memuaskan. Dan buah-buah nenas tersebut tidak terserang hama penyakit,"ucapnya.

Sebab, dalam memasarkan buah nenas yang segar keluar negeri tentunya banyak hal kelayakan yang akan dilalui dan itu harus dipelajari. "Karena selama ini buah nenas yang dikirim keluar negeri itu dalam bentuk kalengan. Sedangkan sekarang ini bagaiman dalam bentuk buah segar bisa dilakukan pengirimannya,"pungkasnya.

Selain itu dalam pemasaran yang akan dilakukan tentunya akan melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kampar, sebagai pihak yang tahu teknis pemasaran. "Maka dari itu hal ini akan dibahas dengan dinas terkait,"ungkapnya.

Dalam hal ini yang perlu ditekankan juga kata Hendri Dunan, bahwa Kampar ini daerah yang subur dan harus dimanfaat sebaik mungkin lahan yang di miliki. 

"Oleh karena itu para petani di Kabupaten Kampar harus bangga dan semangat dalam berusaha dan menjadikan pekerjaan bertani  itu bisa dijadikan sarana bisnis untuk memperkuat ekonomi dan bukan hanya sebagai pengisi perut semata. "tegasnya.

 

Penulis. M.Ikbal 

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri