Masyarakat Desa Padang Sawah Vs PT.PSPI

Ketua Komisi I DPRD Kampar, Repol: PT.PSPI Harusnya Paham Aturan

Dibaca: 109 kali  Minggu,28 Mei 2017 | 22:08:28 WIB
Ketua Komisi I DPRD Kampar, Repol: PT.PSPI Harusnya Paham Aturan
Ket Foto : sengketa lahan

PEKANBARU -Ketua Komisi I DPRD Kampar Repol, menyebutkan hanya mengetahui adanya areal izin PT. PSPI tersebut ada juga di Desa Padang Sawah. Namun mengenai berapa banyak lahan masyarakat juga termasuk di areal perusahaan tersebut dirinya belum memiliki data yang jelas. 

"Kalau memang benar ada lahan masyarakat yang masuk di areal perusahaan, harusnya dikeluarkan. Karena ada  aturan yang berlaku, saat perusahaan diberikan izin oleh pemerintah. Oleh karena PT.PSPI harus hormati aturan yang buat,"jelasnya.

Untuk mengenai surat laporan di DPRD Kampar, kata Repol. Dirinya juga sudah mendengarnya dan menunggu keputusan pimpinan kapan akan di rapatkan.

" Kemungkinan lagi di meja pimpinan dan menunggu agenda jadwal rapat saja. Dan kalau sudah diagendakan tentunya akan diberitahukan ke seluruh rekan Komisi I, "ungkapnya.

Humas PT. PSPI Wilayah Kampar Kiri,  Musnirizon, menyebutkan bahwa PT.PSPI berusaha menjaga areal izin yang diberikan pemerintah kepada mereka, begitu juga areal lahan yang berada di Desa Padang Sawah harus mereka jaga dengan baik. "Untuk itu masyarakat jangan salah pemahaman dengan yang kami lakukan dalam menjaga areal konsesi yang di miliki,"tuturnya.

Seandainya, ada areal lahan masyarakat yang masuk dalam izin areal PSPI, harusnya masyarakat menyurati kepada pemerintah dan tembusan juga kepada Perusahaan agar sesuai prosedur. 

"Sehingga masalah ini bisa diselesaikan. Karena  PSPI mempunyai hak dalam menjaga areal yang di berikan pemerintah. Oleh karena itu pemerintah juga harus tahu, bahwa areal izin yang mereka berikan tersebut ada juga lahan masyarakat,"pungkasnya.  

Untuk mengenai pengukuran IUPHHK-HTI milik PT. PSPI ditahun lalu itu semua melibati masyarakat tempatan pihak pemerintah. "Jadi mana mungkin PSPI, berani membuat hal-hal yang tidak benar. Karena PT.PSPI berusaha agar dengan kehadirannya tersebut bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,"sebutnya.

 

Penulis: Endang 

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri