Kadisnaker Riau Rasidin Siregar : TKA Yang Ditangkap Tidak Memiliki Visa Kerja dan Izin Bekerja

Dibaca: 631 kali  Senin,23 Januari 2017 | 20:09:33 WIB
Kadisnaker Riau Rasidin Siregar : TKA Yang Ditangkap Tidak Memiliki Visa Kerja dan Izin Bekerja
Ket Foto : kantor dinas tenaga kerja provinsi riau

PEKANBARU-Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau, telah melakukan pemeriksaan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang Selasa (17/01/2017)lalu ditangkap di PLTU Kecamatan Tenayan Raya, diduga berasal dari Tiongkok. Dan hasilnya ternyata mereka tidak mempunyai visa kerja dan izin bekerja di Riau.

Dalam hal ini Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau Rasidin Siregar menyebutkan Senin (23/01/2017) bahwa tenaga kerja asing yang ditangkap itu tidak memiliki izin kerja.

"Visa kunjungan mereka ke Provinsi Riau (Indonesia) tidak mencantumkan bekerja, jadi mereka telah melanggar aturan,"ujarnya.

Kalau mereka ingin bekerja di Indonesia (Riau) harusnya mereka membuat visa itu untuk bekerja dan setelah itu mengurus izin kerja mereka ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau.

"Setiap pekerja asing yang akan bekerja di Kabupaten/ Kota di Riau, harus mengurus izin mereka dulu ke Disnaker Riau. Tetapi itu dilihat dari visa kunjungan mereka,"ungkapnya.

Untuk masalah bekerja kita tidak melarang mereka, tapi harus ikuti aturan yang berlaku, sebut Rasidin Siregar. Oleh karena itu pihak perusahaan mereka harus bertanggungjawab mengurus izin mereka.

"Sekarang ini tanggunggjawan pihak perusahaan mereka mengurusnya izinnya. Kalau mereka mau bekerja disini, perusahaannya harus mendanai mereka untuk mengurus izin visa kerjanya kenegara mereka berasala. Kalau tidak mereka harus pulang dan tidak boleh bekerja,"sebutnya.

Sedangkan saat ditanya mengenai aturan hukum bagi mereka ini, Kadisnaker Riau mengatakan itu urusannya pihak Imigrasi lagi. "Yang jelas kita sudah sesuai aturan bahwa mereka yang ditangkap itu tidak memiliki izin kerja,"terangnya.

Dan kepada Pemerintah Kabupaten/ kota di Riau dirinya menghimbau harus mengawasi tenaga kerja asing yang bekerja ditempat mereka. "Kalau tidak ada izin kerjanya agar dilaporkan. Karena semua sudah aturan untuk bekerja tanpa memiliki izin harus ditindak ,"pungkasnya.


Penulis : Aulia 

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri