Merugikan Negara, Syahrial Abdi : Kepolisian Harus Lakukan Penindakan Terhadap Galian C Ilegal

Dibaca: 369 kali  Minggu,22 Januari 2017 | 22:59:32 WIB
Merugikan Negara, Syahrial Abdi : Kepolisian Harus Lakukan Penindakan Terhadap Galian C Ilegal
Ket Foto : syahrial Abdi

PEKANBARU- Bupati dan Walikota se Perovinsi Riau dapat secepatnya memberikan laporan daftar pertambangan bergerak  ditempat mereka memimpin.

"Karena Energi dan Sumber Daya Mineral sudah berpindah ke Provinsi Riau. Oleh sebab itu setiap Bupati dan Walikota wajib memberikan laporannya,"tegas Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau Syarial Abdi, baru-baru ini. 

"Hal itu sudah diberlakukannya UU Nomor 23 tahun 2014 tersebut, kewenangan penerbitan izin pertambangan dan energi sudah menjadi kewenangan provinsi," ungkap.

Termasuk mengenai Galian C yang berizin disetiap Kabupaten/ Kota, sebutnya. Kepala Daerah harus memberikan laporannya, agar kita bisa melakukan penataan.

"Jika ada galian C yang ilegal, yang masih bergerak pihak Kepolisian harus melakukan penindakan. Karena itu dapat merugikan negara,"pungkasnya.

Ia juga menambahkan, meski sudah berpidah Dinas ESDM sudah berpindah  Provinsi. Tetapi, pihak pemerintah Kabupaten/ Kota diberikan hak untuk pengurusan perizinan  Amdal atau UKL-UPL.

" Karena setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang wajib memiliki Amdal atau UKL-UPL wajib memiliki Izin Lingkungan (Pasal 36 ayat (1) UU Nomor 32 tahun 2009tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) barang siapa yang melanggar dapat dikenai pidana sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 109 ayat (1) UU Nomor 32 tahun2009 bahwa. Dan itu dikeluarkan pihak pemerintah Kabupaten/ Kota,"punkasnya.  


Penulis : Aulia

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri