Penaganan Perkara Diatas 90%

Hore...Pegawai PN Bangkinang Bersorak, Raih Predikat Hijau ?

Dibaca: 953 kali  Selasa,03 Januari 2017 | 16:10:24 WIB
Hore...Pegawai PN Bangkinang Bersorak, Raih Predikat Hijau ?
Ket Foto : PN Bangkinang

 

KAMPAR- Diakhir 2016 lalu, seluruh keluarga pegawai yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang, bersorak gembira. Karena dengan kerja keras yang mereka lakukan berhasil meraih predikat hijau dalam pengelolahan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

 

Demikian disampaikan Ketua PN Bangkinang M. Arif Nuryanta,SH.MH dan. Wakil Ketua PN Rudito Surotomo, SH.MH serta di dampingi Humas PN Bangkinang Ferdian Permadi, SH, Selasa (03/01/2017).

 

Kegembiraan ini kata Ferdian Permadi,  dikarenakan kerja keras seluruh Hakim, Panitera, Juru Sita, para staf kepaniteraan, staf kesetariatan serta Tim IT PN Bangkinang, yang selalu siap siaga mendampingi dan memberikan solusi ketika para user mendapat kendala.

 

"Ini semua karena motivasi yang dilakukan Bapak M. Arif Nuryanta, dalam setiap kesempatan agar pegawai dapat meningkatkan kinerja mereka dalam menyelesaikan perkara.  Karena ini juga langkah menghadapi Akreditasi Pengadila oleh Dirjen Badilum MA RI. Untuk itu pegawai harus meningkatkan dan mempertahankan kualitas kerjanya"ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan, tentang jumlah perkara yang masuk di PN Bangkinang tergolong besar dengan jumlah 981 perkara yang masuk. Terdiri. Dari 749 perkaran pidana dan 232 perkara perdata. 

 

"Sedangkan sisa tunggaka perkara tahun 2015 berdasarkan SIPP-MA. MahkamahAgung.go.I'd sebesar 140 perkara. Dan perkara yang diselesaikan serta diminuasi sebesar 1.034 perkara,"sebutnya. 

 

"Sedangkan sisa atau tunggakan perkara (27 Desember) sebesar 87 perkara. Jadi masih ada kemungkinan rasio penanganan perkara PN Bangkinang sebesar 92.24% pada akhir 31 Desember 2016 dapat ditingkatkan lagi,"sebutnya lagi.

 

Ferdia juga menambahkan, tentang Mahkamah Agung (MA) telah mengelompokkan rasio penanganan perkara dalam 3 bagian warna, yaitu warna merah, kuning, hijau pada setiap pengadilan yang terkait dengan SIPP. 

 

"Untuk warna merah perkara kurang dari 50 perseninkronisasi kurang dari 24 jam. Dan warna kuning penanganan perkara antara 50% sampai 90% dan sinkronisasi kurang dari 24 jam. Khusus warna hijau penanganan perkara lebih dari 90% dan sinkronisasi kurang dari 24 jam, "jelasnya.

 

Sedangkan warna tersebut, kata Humas PN Bangkinang ini dapat berubah setiap saat tergantung proses pengisian SIPP dan dapat dilihat secara real time setiap saat. Inforamasi tentang rasio  penanganan perkara bisa dilihat di http://peta.mahkamahagung.go.id/show_map/1/1. 

 

"Link tersebut merupakan peta SIPP pengadilan diseluruh wilayah indonesia. Penanganan perkara disini diartikan sebagai telah menyelesaikan perkara dengan minutasi perkara,"pungkasnya.

 

"Sehingga rumus yang digunakan adalah jumlah perkara yang minutasi tahun ini dibagi dengan ( jumlah perkara tahun ini ditambah dengan sisa perkara tahun lalu) dikalikan dengan 100 persen. Tentu saja dengan asumsi semua pengisian data SIPP telah akurat sesuai dengan kenyataan yang ada, "tuturnya.

 

 

Penulis : Aulia

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri