Inilah Lima Bank Tertua di Dunia

Dibaca: 360 kali  Senin,26 Desember 2016 | 19:26:49 WIB
Inilah Lima Bank Tertua di Dunia
Ket Foto : bank tertua di dunia

 

JAKARTA— Perbankan merupakan salah satu sendi perekonomian masyarakat modern saat ini. Menilik sejarahnya, peran bank terus berkembang mulai dari peran sederhana untuk menyimpan uang dan pemberi dana hingga peran yang lebih rumit. 
 
Misalnya saja, membantu nasabahnya melakukan transaksi tanpa batas (lintas negara dan lintas benua) dan lintas waktu, bank juga dituntut untuk menerapkan teknologi mutakhir untuk mengantisipasi hadirnya teknologi aplikasi berbasis keuangan (fintech). 
 
Di dunia terdapat sejumlah bank yang didirikan sekian abad lalu. Berikut 5 bank tertua di dunia versi Kontan.
 
1. Banca Monte Dei Paschi di Siena
 
Bank yang terletak di kota Siena, Italia, ini berdiri sejak abad pertengahan pada 1472. Dengan demikian, bank ini menjadi bank tertua di dunia. Bank ini juga memiliki nama terpanjang di dunia. 
 
Pendiri bank ini adalah perusahaan keuangan Italia bernama Mount of Piet. Saat ini, bank ini memiliki total karyawan 25.731 orang. 
 
Awalnya, bank ini dibentuk sebagai Monte di Pieta, atau Monte Pio, untuk memberikan pinjaman kepada orang miskin dari dana amal.
 
Pada 2009-2013 bank ini harus kehilangan miliaran euro dana nasabahnya akibat kerugian derivatif yang dialami bank ini sebesar 73 juta euro. Namun, saat ini bank ini masih tetap beroperasi. 
 
2. Berenberg Bank
 
Bank ini berdiri pada 1590, oleh dua bersaudara asal Belanda, Hans dan Paul Berenberg. Saat ini bank ini beralamat di Neuer Jungfernstieg 20 - 20354, Hamburg, Jerman. 
 
Awalnya, dua bersaudara pendiri bank ini adalah pedagang kain di asrama penampungan pengungsi di Humburg, sebuah kota di Jerman. 
 
Pada perkembangannya, pemerintah Jerman kemudian mengizinkan keduanya memiliki kewarganegaraan Jerman. Kemudian, pada 1950 lahirlah Bank Berenberg. Saat ini Bank Berenberg ini memiliki 1.300 orang karyawan. 
 
3. C. Hoare & CO
 
Bank yang saat ini beralamat di 37 Fleet Street London EC4P 4DQ, London, Inggris, ini berdiri sejak 1672. Bank ini didirikan oleh Sir Richard Hoare dan saat ini memiliki total 400 karyawan saja. 
 
Sebelum mendirikan bank ini, Sir Richard bekerja magang sebagai tukang emas. Selanjutnya dia diberi "Freedom of the Goldsmith Company" pada tanggal 5 Juli 1672, yang menandai tanggal berdirinya bank tersebut. 
 
Hingga saat ini, saham bank C. Hoare & Co tetap dimiliki keluarga Hoare yang saat ini pengelolaannya masuk ke generasi ke-11 keturunan langsung Hoare itu. 
 
4. Bank of Scotland (sekarang Halifax Bank of Scotland)
 
Bank ini didirikan oleh John Holland pada 1695 dan saat ini memiliki total 20.000 karyawan. Skotlandia sendiri sejak abad ke-17 sudah mengenal konsep mata uang dan catatan bank. Sedangkan Bank of Scotland adalah yang pertama mencetak kertas uang sendiri.
 
Selama beberapa kali krisis melanda sistem perekonomian dan perbankan yang melanda hampir seluruh dunia, kondisi Bank of Scotland pun tak luput dari naik dan turun. Sejak tahun 2001, Bank of Scotland bergabung dengan Bank Halifax, anak perusahaan Lloyds Banking Group.
 
5. Bank of New York (sekarang Bank of New York Mellon)
 
Dari Amerika Serikat, ada bank tertua di negara ini, yakni Bank of New York (sekarang Bank of New York Mellon). Bank ini berdiri sejak 1784. 
 
Bank yang beralamat di 225 Liberty Street, New York, NY 10286, Amerika Serikat, ini didirikan oleh Alexander Hamilton, dan saat ini memiliki 51.200 orang karyawan. 
 
Alexander Hamilton adalah pengacara ternama pada saat itu. Dialah yang merancang dan memimpin Bank of New York mulai dari awal. 
 
Bank ini dimulai dengan modal sebesar 500.000 dollar AS. Delapan tahun kemudian saham Bank of New York mulai diperdagangkan di New York Stock Exchange. 
 
Pada 1 Juli 2007, terjadi kesepakatan antara Robert Kelly sebagai CEO Bank of New York dengan Tom Renyi sebagai CEO Mellon untuk menggabungkan usaha mereka. Dengan demikian, pada 1 Oktober 2007 resmilah nama Bank of New York berganti nama menjadi Bank of New York Mellon.
 
 
Sumber : Kompas.com
Editor     : Endang
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri