Pungli Rp. 200 Juta, Pejabat BPN Kampar Inisial SF Jadi Tersangka

Dibaca: 713 kali  Jumat,09 Desember 2016 | 16:33:37 WIB
Pungli Rp. 200 Juta, Pejabat BPN Kampar  Inisial SF Jadi Tersangka
Ket Foto : BPN Kampar

BANGKINANG - Kejaksaan Negeri Kampar mengumumkan seorang pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kampar telah ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini diumumkan dalam siaran pers di Aula Kantor Kejari Kampar bertepatan peringatan HAKI, Jumat (9/12/2016).  

Sebelumnya, Kejari memang sudah membocorkan bahwa akan ada kejutan dalam rangka HAKI tahun ini. Ekspos penanganan kasus disampaikan oleh Kepala Seksi Kepala Seksi Intelijen Lasargi Marel dan Kepala Seksi Pidana Khusus Ostar Alpansri. Kepala Seksi Pidana Umum Herlambang Saputro dan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) Agung Irawan juga hadir. 

Ostar menyebutkan, pejabat BPN yang jadi tersangka berinisial SF. Ia tak bersedia menyebutkan jabatan SF. "Tersangka dijerat dalam kasus pungli di BPN," ungkapnya. 

Menurut Ostar, Pungli dilakukan SF dalam pengurusan Sertifikat Hak Milik (SHM). Tak tanggung-tanggung, Pungli itu sekitar Rp. 200 juta yang diminta dari sejumlah korban pemohon SHM. 

"Ada salah satu korban yang berani melaporkan. Tersangka meminta uang kepada beberapa korban," ujar Ostar. Ditambahkan, kasus ini mulai ditangani sejak Juni 2016. Pihaknya telah memeriksa 12 orang saksi sejak penyelidikan bergulir. 

Ostar mengatakan, tersangka SF tidak ditahan. Pasalnya, SF sedang menjalani proses hukum dalam kasus berbeda di Kepolisian Daerah Riau. 

"Yang bersangkutan lagi menjalani sidang," timpal Kepala Seksi Pidana Umum Herlambang Saputro. 

 

Penulis: Aulia 

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri