Independen Pekanbaru-Kampar Lolos, Kata DR. Max Sasai : Semoga KPU dan Panwas Memang Bertugas

Dibaca: 375 kali  Sabtu,22 Oktober 2016 | 19:29:07 WIB
Independen Pekanbaru-Kampar Lolos, Kata DR. Max Sasai : Semoga KPU dan Panwas Memang  Bertugas
Ket Foto : ilustrasi

 

PEKANBARU- Menjelang Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) 2017 yang akan dilaksanakan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.  Ternyata Calon Kepala Daerah dari Jalur Independen berhasil lolos saat dilaksanakan Verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Dengan memenuhi syarat para calon independen ini bertarung di Pilkada, menurut Pengamat Politik dari Universitas Riau (UR) DR. Max Sasai, SH.MH, menyebutkan bahwa arti ketokohan itu bisa terlihat dengan adanya dukungan KTP yang diberikan masyarakat, kepada para calon independen tersebut.  
 
"Jadi jelas sekarang Vigur dan Ketokohan itu penting. Karena tanpa hal itu mustahil masyarakat mau untuk memberikan KTP mereka untul para calon Independen yang maju sebagai Kepala Daerah 2017,"ujarnya, Sabtu (22/10/2016).
 
Ia juga mengungkapkan, dengan lolos independen ini mematahkan anggapan selama ini kalau jalur perseorangan susah untuk mendapatkan dukungan masyarakat. 
"Sekaligus hal ini bisa menjadi tolak ukur bagi semua masyarakat, yang mempunyai ketokohan untuk maju. Meskipun perjalanannya lebih sulit dibandingkan calon yang diusung Parpol,"ujarnya lagi.
 
Max Sasai, juga menitip pesan kepada setiap Partai Politi (Parpol) harus berbenah diri dalam internalnya, agar kepercayaan masyarakat tidak pudar. 
"Karena bisa jadi dengan lolosnya calon Independen ini, disebabkan ketidak beresan sistem yang ada di Parpol itu sendiri. Sehingga masyarakat mulai berbalik arah mengingin dari Independen dapat maju di Pilkada,"ujarnya.
 
Disamping itu Max Sasai juga mengharapkan, perolehan dukungan yang didapat oleh para calon Independen yang lolos persyaratan oleh KPU sudah sesuai aturan yang berlaku. 
Disamping itu yang menjadi pertanyaan, apakah Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada, memang sudah benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik saat melakukan Verifikasi data dukungan
 
"Karena ini bisa dibilang sangat jarang terjadi calon Independen banyak calon bisa lolos verifikas di KPU dan sekarang ini terbukti terjadi. Semoga KPU dan Panwas Pilkada memang benar-benar dalam menjalankan tugasnya. Sehingga mereka yang dianggap memenuhi syarat dukungan ini bukan disebabkan faktor-faktor lain,"pungkasnya.    
 
Untuk diketahui di Pekanbaru 2 Calon Independen yang memenuhi syarat tersebut adalah pasangan Syahril dan Said Zohrin dengan mendapatkan 47.137 dukungan. 
 
Dan pasangan  Herman Nazar dan Devi Warman mendapatkan 50.251 dukungan, saat rapat pleno terbuka rekapitulasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan tingkat Kota Pekanbaru digelar, Kamis (20/10/2016).
 
Sedangkan Kabupaten Kampar, pasangan Rahmat Jevary Juniardo dan Khairuddin Siregar menyerahkan dukungan 103.094. Sedangkan syarat dukungan yang ditetapkan KPU 40.863. Sehingga  masih mempunyai sisa 74.838 dukungan.
 
Untuk pasangan Jawahir- Bardansyah mendapatkan dukungan 40.925 saat verifikasi hitungan faktual yang telah dilaksanakan
 
 
 
Penulis : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri