Ternyata Ada Calo Pengurusan e-KTP di Disdukcapil Pekanbaru dan Kampar ?

Dibaca: 675 kali  Kamis,01 September 2016 | 07:39:05 WIB
Ternyata Ada Calo Pengurusan e-KTP di Disdukcapil Pekanbaru dan Kampar ?
Ket Foto : calo e-ktp

PEKANBARU-Pengurusan kartu identitas kependudukan di Kota Pekanbaru dan Kampar, tampaknya tak pernah lepas dari praktik percaloan. Seorang yang mengaku agen dari Disdukcapil membuka layanan pengurusan .

Layanan tersebut bahkan ditawarkan secara terbuka. Praktik percaloan ini terungkap melalui iklan kertas yang ditempel di tempat umum. Iklan kertas itu ditemukan di Toilet SPBU Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang Desa Sawah Baru Kecamatan Kampar Timur.

Pada iklan itu tercantum nomor seluler yang dapat dihubungi. "Pelayanan KK, KTP Electrik tampa surat pindah. HP08527144xxxx. Setiap pelanggan, kami beri fasilitas pinjam uang tanpa bunga," demikian tulisan dalam iklan tersebut.

Saat di hubungi ke nomor tersebut Kamis (01/9/2016), oknum calo mengatakan, dirinya bisa menguruskan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-ktp) dan Kartu Keluarga (KK). 

"Saya punya jaringan untuk mengurusnya, jika ada warga yang membutuhkannya,"ujarnya tidak mau menyebutkan namanya sebelum berjumpa.

Kalaupun tidak ada surat pindah dari daerahnya sebelumnya mereka tinggal, kata calo. Dirinya bisa mengurusnya dan Namor Induk Kependudukan (NIK) bisa diterbitkan. 

"Jadi mereka yang ingin mengurus tidak perlu takut, karena yang saya lakukan ini resmi dan tidak palsu. Sebab ada relasi orang dalam, untuk mengurusnya,"tuturnya.

Saat ditanya mengenai soal harga, dirinya menyebutkan biayanya Rp.1,5 juta, untuk pengurusannya. "Untuk soal harga bayarnya belakangan saja, setelah semuanya selesai,"ungkapnya.



Penulis : Aulia

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri