BI Perkenalkan Kartu Lantera Pada 1.000 Nelayan

Dibaca: 384 kali  Sabtu,13 Agustus 2016 | 16:35:23 WIB
BI Perkenalkan Kartu Lantera Pada 1.000 Nelayan
Ket Foto : BI Perkenalkan kartu lentera untuk para nelayan

 

BATAM-Demi menjalani komitmen komitmen menjalankan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT), Bank Indonesia memperkenalkan kartu Layanan Keuangan Terintegrasi (Lantera) kepada 1000 nelayan.
 
Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, pembagian kartu Lantera ini diharapkan bisa mempermudah transaksi dan membantu manajemen keuangan, serta membuka akses keuangan para nelayan.
 
"Belum terjangkaunya akses keuangan tersebut menimbulkan kesulitan memperoleh pembiayaan, yang diperlukan untuk pengembangan usaha," ungkap dia Sabtu, (13/8/16).
 
Apalagi, penghasilan nelayan yang antara lain bergantung pada faktor cuaca membuat manajemen keuangan nelayan sangat penting. Langkah ini juga dinilai untuk memungkinkan berkembangnya transaksi nontunai, misalnya dalam pembayaran di berbagai transportasi umum.
 
Sekadar tahu saja, kartu Lantera merupakan kartu elektronik, yang dapat dilakukan untuk transaksi di koperasi nelayan. Dalam penerbitan kartu ini, BI bekerja sama dengan empat bank penerbit kartu elektronik, yaitu Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, Bank Central Asia, dan Bank Tabungan Negara. Ke depannya, kartu ini dapat diintegrasikan pula dengan kartu Jaring yang merupakan program bantuan sosial Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
 
Integrasi Kartu Lantera yang berbasis uang elektronik dan Kartu Jaring yang berbasis ATM/Debit sangat ideal untuk semakin membuka akses keuangan nelayan. Penyerahan 1000 kartu Lantera kepada 1000 nelayan secara serentak diharapkan dapat dilanjutkan pula dengan pengenalan nontunai kepada nelayan di seluruh daerah di Indonesia. Atas penyerahan ini pula BI mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan penyerahan kartu layanan non tunai terbanyak kepada nelayan.
 
 
Sumber : Kontan.co.id
Editor     : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri