Pengendali Inflasi, Tahun 2017 BI Keluarkan Voucer Pangan Untuk Masyarakat Miskin

Dibaca: 427 kali  Jumat,12 Agustus 2016 | 17:18:38 WIB
Pengendali Inflasi, Tahun 2017 BI Keluarkan Voucer Pangan Untuk Masyarakat Miskin
Ket Foto : penyaluran bantuan beras untuk masyarakat kurang mampu menjadi non tunai dalam bentuk voucer

 

BATAM-Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menilai, penyaluran bantuan beras untuk masyarakat kurang mampu menjadi non tunai dalam bentuk voucer bisa dijadikan sebagai pengendali inflasi.
 
Adapun pengendali inflasi itu disebabkan karena tidak adanya perputaran uang tunai yang cenderung membuat harga-harga meningkat. "Dalam kebijakan ini nantinya para penerima bantuan secara virtual account bisa melakukan pembelian efektif terhadap barang-barang apa saja yang dibutuhkan," jelas Agus, Jumat (12/8/16).
 
Kendati begitu, ia menyambut baik kebijakan yang dimuat oleh Presiden Jokowi itu. Pasalnya ia melihat, penyaluran bantuan sosial ini bisa lebih efektif ke depannya. Apalagi hal itu didukung dengan kinerja bank-bank milik negara yang cukup baik.
 
"Dapat dibuktikan dengan adanya interkonektivitas antar lembaga kasa keuangan dan intercorporate dari mereka saya yakin ini akan efektif," jelas dia. Sehingga, ia mengharapkan voucer pangan dapat dilakasanakan di seluruh Indonesia.
 
Sekadar tahu, pada tahap pertama, pemerintah akan menguji voucer pangan ini pada awal tahun 2017 di 44 kota. Adapun untuk isi voucer pangan, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial, Andi Zainal Abidin Dulung, menjelaskan, nilai voucer berkisar Rp 108.000-Rp 110.000 per orang per bulan atau sama dengan dengan nilai beras subsidi di program raskin.
 
 
Sumber : Kontan.co.id
Editor     : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri