Besok Senin, IHSG Diprediksi Cenderung Tertekan

Dibaca: 440 kali  Minggu,31 Juli 2016 | 15:03:33 WIB
Besok Senin, IHSG Diprediksi Cenderung Tertekan
Ket Foto : IHSG Diprediksi Cenderung Tertekan

 

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak bervariasi cenderung tertekan pada perdagangan Senin (1/8/16) besok. Pasalnya, indikator teknikal menunjukkan kondisi indeks sudah dalam kondisi jenuh beli.
 
Lanjar Nafi, analis Reliance Securities mengatakn secara teknikal IHSG membentuk pola bearish engulfing dengan break out support MA7 yang sebelumnya cukup kuat. Indikator pun perlahan terkonsolidasi negatif terlihat pada stochastic yang kembali tertekan dengan momentum RSI yang mulai terlihat bearish momentum dari area overbought.
 
"Sehingga diperkirakan IHSG pekan depan akan bergerak cenderung mixed berpeluang kembali tertekan dengan range pergerakan 5.179-5.285." kata Lanjar dalam riset yang diterima, Minggu (31/7/16).
 
Pada peedagangan akhir pekan laalu sekaligus akhir July (29/7), IHSG ditutup pada zona negatif turun 83.22 poin atau 1.57% dilevel 5215.99 setelah sempat menguat selama sesi pertama.
 
Terlihat investor domestik melakukan aksi jual sedangkan investor asing masih tercatat net buy yang tertinggi pada bulan ini yakni Rp 1,58 triliun. Total capital in flow yang terjadi pada bulan ini merupakan terbesar sejak 23 bulan terakhir yakni Rp 12.21 triliun.
 
Bursa Asia mayoritas tertekan diakhir bulan setelah mengawali minggu ini dengan penguatan yang cukup signifikan. Kebijakan yang paling diantisipasi Jepang memicu lonjakan yen sehingga mengirim ekuitas dan obligasi pemerintah jepang ke phase koreksi. Nilai tukar Yen melonjak 1.9% sehingga semakin tingginya kekhawatiran trend negatif pada aktifitas ekport nya.
 
Bursa eropa menguat terkonsolidasi diawal perdagangan setelah data GDP zona eropa turun dilevel 1.6% dari 1.7% YoY sedangkan tingkat inflasi naik diatas ekspektasi di level 0.2% dari 0.1% YoY. Mix nya data ekonomi yang rilis pada akhir bulan ini membuat investor cenderung berhati-hati yang membuat bursa bergerak terkonsolidasi.
 
Menurut Lanjar, sentimen selanjutnya diawal pekan seperti biasa akan diramaikan dengan aktivitas sektor manufaktur dan jasa di berbagi dunia dan dari dalam negeri sendiri yang menjadi fokus investor yakni tingkat inflasi dan data penanaman modal investor asing.
 
 
Sumber : Kontan.co.id
Editor     : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri