Safari Ramadhan Pemda Kampar

Bupati Kampar H. Jefry Noer :Jadikan Bulan Ramadhan Untuk Meningkatkan Silaturrahmi

Dibaca: 565 kali  Rabu,22 Juni 2016 | 16:34:55 WIB
Bupati Kampar H. Jefry Noer :Jadikan Bulan Ramadhan Untuk Meningkatkan Silaturrahmi
Ket Foto : Bupati Kampar H Jefry Noer SH menyerahkan sumbangan infak dan sedekah di desa Sendayan Kec Kampar Utara beberapa waktu lalu

TIM Safari Ramadhan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar terus berkeliling mendatangi mesjid yang ada pada 21 kecamatan di wilayah Kabupaten Kampar.  Setiap mesjid yang didatangi, tim Safari Ramdhan selalu disambut antusias warga dan masyarakat jamaah mesjid setempat.

Safari Ramadhan yang ditaja Pemda Kabupaten Kampar bertujuan untuk menjalin siturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain silaturrahmi, Safari Ramadhan juga bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat, memonitoring program pembangunan dan menyampaikan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kampar.
 
 
Seperti yang dilakukan oleh Tim I Safari Ramadhan yang dipimpin langsung oleh Bupati Kampar, H. Jefry Noer di Mesjid Usman Bin Affan desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara beberpa waktu yang lalu. Dalam kegiatan Safari ramadhan tersebut, selain memberikan arahan kepada  Camat, UPTD, Kapus, Kades dan BPD, Bupati Kampar juga menyampaikan beberapa program Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.
 
Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Tim I Pemda Kabupaten Kampar yang dipimpin Bupati Kampar, H. Jefry Noer di Mesjid Usman Bin Affan desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara tersebuta diawali dengan buka bersama. Kemudian diteruskan dengan sholat magrib berjamaah, kemudian diteruskan dengan makan bersama. Kegiatan Safari ramadhan juga diisi dengan tausiyah yang pada waktu itu disampaikan oleh Ustadz Masnur dengan judul “ menghadapi persoalan dan mencari solusi.”
 
 
Kegiatan Safari juga diisi dengan kegiatan silaturrahmi yang langsung dipimpin oleh Bupati Kampar, H. Jefry Noer dan terakhir kegiatan safari Ramadhan dilanjutkan dengan sholat taraweh berjamaah.
 
Pada kegiatan silaturrahmi yang juga diisi dengan dialog dan penyampaian program pemerintah daerah Kabupaten Kampar, Bupati Kampar, H. Jefry Noer dalam arahannya mengatakan, bahwa Kepala Desa dan BPD harus kompak dan selalu berkoordinasi dengan Camat , sehingga pembangunan di desa sesuai dengan aturan dan keinginan bersama.
 
Selain itu, Bupati Kampar juga mengingatkan, agar bantuan-bantuan yang diberikan untuk masyarakat miskin dari Pemerintahan Kabupaten Kampar jangan ada pemotongan. “camat tolong di cek bantuan tersebut, baik itu untuk masyarakat miskin maupun untuk para masyarakat miskin yang absolut yang ada di desa, jika terjadi penyelewengan cepat ditindaklanjuti”. Tegas Bupati.
 
Lebih lanjut H. Jefry Noer juga mengingatkan, Begitu juga dengan program sekolah gratis di Kabupaten Kampar. H. Jefry Noer juga menyampaikan bahwa masih ada informasi sekolah yang meminta uang bangku, uang buku dan lain-lain. “Kepada UPTD saya harapkan cek dan kontrol seluruh sekolah yang demikian,  jika terjadi laporkan, dan jika terbukti akan kita tindak tegas” Ucap Jefry.
 
Kemudian kepada Kepala Puskesmas (Kapus) Bupati Kampar juga meminta agar cek terus pelayanan kesehatan untuk masyarakat, karena dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pemerintah Kabupaten Kampar telah banyak menghabiskan anggaran dalam melaksanakan program pelayanan Puskesmas 24 jam disetiap Kecamatan dan Desa.
 
pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut, Bupati Kampar, H. Jefry Noer  juga menjelaskan tentang 5 pilar pembangunan Kabupaten Kampar yang nantinya akan diwujudkan dengan mencapai tiga zero, yakni zero kemiskinan, zero pengangguran, dan zero rumah rumah-rumah kumuh.
 
 
Bupati Kampar dalam kegiatan Safari Ramdhan juga menyampaikan, bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemda Kabupaten Kampar selalu meletakkan Peningkatan Akhlak dan Moral sebagai pilar pertama dari lima pilar pembangunan Kabupaten Kampar. Bukti dari konsistensi tersebut pada pilar pertama ini ada beberapa hal pokok yang menjadi acuan yaitu adanya empat Peraturan Daerah (Perda) Keagamaan yang telah disahkan dan mulai diterapkan di Kabupaten Kampar, yakni Perda Pandai Membaca Al-Qur’an Nomor 1 Tahun 2013, Perda Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Nomor 2 Tahun 2013, Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA) Nomor 3 Tahun 2013 dan Perda Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah dan Biaya Transportasi Haji Nomor 4 Tahun 2013.
 
Selajutnya dalam pilar kedua, peningkatan Ekonomi Kerakyatan. Dalam peningkatan ekonomi kerakyatan, Pemda Kabupaten Kampar membuat pelatihan P4S dengan membuat program Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE), dengan modal Rp. 120 juta, insyallah bisa memiliki penghasilan 10 sampai Rp 25 juta. Kemudian dalam pilar ketiga, peningkatan Sumber Daya Manusia. Pemda Kabupaten kampar telah menggratiskan sekolah mulai dari SD sampai SMA. Selain itu juga pemda Kampar memberikan pakaian seragam bagi anak-anak yang kurang mampu.
 
Lebih lanjut, pada pilar keempat, yakni peningkatan playanan kesehatan. Dimana saat ini, untuk pelayanan maksimal kepada masyarakat, Pemda Kabupaten kampar telah memberlakukan setiap Puskesmas untuk buka 24 jam, dan hari sabtu serta minggu tetap buka. Selanjutnya dalam pilar kelima peningkatan Infrastruktur telah membuat beberapa ruas jalan multy year, ungkap Jefry Noer.
 
pada kegiatan safari Ramadhan tersebut, tim safari Ramadhan juga mengumpulkan dana untuk sumbangan, infak mapun sedekah dari rombongan tim Safari Ramadhan yang juga diikuti oleh Anggota DPRD Provinsi Riau yang juga ketua TP PKK  Kabupaten Kampar, Hj Eva Yuliana SE, Anggota DPRD Kabupaten Kampar, Rahmad Jevari Juniardo, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, tokoh masyarakat, tokoh agama serta jemaah mesjid Usman Bin Affan desa Sendayan Kecamatan Kampar Utara.
 
Dari hasil sumbangan, infak dan sedekah rombongan tim safari Ramadhan tersebut, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 55 juta. Sumbangan yang dikumpulkan tersebut, langsung diserahkan oleh Bupati Kampar, H. Jefry Noer kepada pengurus mesjid. Kepada pengurus mesjid, Bupati Kampar juga mengingatkan, bahwa yang harus diperbaiki terlebih dahulu adalah tempat berwudhu.
 
Sementara itu, Tim II Safari Ramdhan Pemda Kampar yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Kampar, Drs. Zulfan Hamid saat melaksanakan Safari Ramadhan Di Desa Pulau Jambu Kecamatan kuok menyampaikan beberapa arahan penting untuk pembangunan Kabuaten Kampar.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Drs. H. Zulfan Hamid saat memimpin rombongan Tim II Safari Ramadahan Pemda Kampar di mesjid Al Ikhwan dusun Kampung Baru desa Pulau Jambu Kecamatan Kuok, beberapa waktu yang lalu mengatakan, bahwa Makna dan tujuan safari ini untuk menjalin Silahturahmi Yang baik dan erat antara masyarakat dengan Pemerintah, sehingga dengan demikian, akan memperkokoh dan memperkuat  Persatuan dan kesatuan antar pemerintah dengan masyarakat dalam membangun negeri ini, ungkap Zulfan.
 
Lebih lanjut Zulfan menyampaikan, Selain Silahturahim, nantinya juga akan dapat meningkatkan  Ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dan kita juga akan diberikan umur yang panjang, murah rezeki dan diberikan kekuatan, kesehatan dan amal Ibadah yang kita laksanakan diberikan pahala yang berlipat ganda” ujar Zulfan.
 
Kemudian tujuan kedua safari Ramadhan ini adalah untuk memberikan informasi pembangunan dan kebijakan-kebijakan Pemerintah Kabupaten Kampar , dan juga dimanfaatkan untuk menampung aspirasi masyarakat dalam meningkatkan pembangun masa yang akan datang.
Zulfan menambahkan, tujuan selanjutnya dari safari ramadhan ini adalah untuk melihat langsung situasi dan kondisi masyarakat yang selama ini mungkin belum tersentuh oleh pemerintah. “tujuan ini agar Pemerintah dapat melihat dari langsung berbagai aspek pembangunan yang didahului atau skala prioritas dengan perencanaan yang betul matang dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat”. Tegasnya. (Advetorial)
 
 
 
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri