Pemko harus berkomitmen Sebab Subsidi Trans Metro Bakal Membengkak

Dikasih lagi 50 Bus, Dirut PD Pekanbaru mengaku keberatan

Dibaca: 468 kali  Jumat,29 April 2016 | 04:15:05 WIB
Dikasih lagi 50 Bus, Dirut PD Pekanbaru mengaku keberatan
Ket Foto : Heri Susanto, Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pekanbaru
PEKANBARU - Rencana Kementerian Perhubungan memberikan hibah 50 unit bus diperuntukkan bagi bus Trans Metro Pekanbaru, maka otomatis Pemerintah Kota Pekanbaru harus menanggung subsidi angkutan massal tersebut yang semakin bengkak tahun ini.
 
"Otomatis, biaya subsidi bagi 50 bus yang akan diterima, semakin besar. Pemko harus berkomitmen beri subsidi operasional 50 bus tersebut," kata Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan, Heri Susanto di Pekanbaru, Kamis (28/4).
 
Sebagai badan usaha milik daerah diberi tanggung jawab mengelola bus TMP, pihaknya mengaku sedikit keberatan jika ditambah mengoperasikan 50 unit bus itu karena saat ini telah menghidupi 75 unit bus TMP dengan delapan koridor di wilayah Pekanbaru dan sekitar.
 
Ia mencontohkan, setiap bulan pendapatan dari penjualan tiket bus TMP sekitar Rp1 miliar, sedangkan biaya operasional yang harus dikeluarkan sebesar Rp2,5 miliar.
 
Meski dalam Undang-undang No.22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah dijelaskan, angkutan penumpang umum dengan tarif kelas ekonomi pada trayek tertentu dapat diberi subsidi oleh pemerintah daerah, namun perhatian Pemko Pekanbaru masih kecil.
 
"Kita siap saja dalam mengelola karena telah ditunjuk pak wali. Sebagai perusahaan dibawah naungan BUMD, kami siap mengelola 50 unit bus yang telah dihibahkan oleh Kemenhub," tegasnya.
 
Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru menyebut, saat ini jumlah total bus TMP sebagai Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) yang dioperasikan berjumlah 75 unit.
 
Sebanyak 20 unit bus TMP berukuran besar, kini mangkrak di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru. Tapi sembilan unit diantaranya, telah selesai diperbaiki oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru.
 
"Memang rencana 10 unit, tapi anggaran kita kemarin hanya cukup 9 unit dan sebentar lagi akan dioperasikan di Pekanbaru," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Angkutan Perkotaan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Wisnu Haryanto.
 
Dia merinci, tahun ini diperkirakan terdapat 145 unit bus TMP terdiri dari 75 unit dikelola PD Pembangunan, lalu 50 unit lagi akan menyusul PD Pembangunan, 11 unit masih dalam perbaikan dan sembilan sudah selesai diperbaiki.
 
"Untuk sementara operasional sembilan unit bus TMP yang baru diperbaiki gunakan dana anggaran harian dishub. Kedepan, bisa saja bus TMP yang rusak akan dilelang atau lainnya. Yang jelas akan kita bahas lagi," sebutnya.
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri