Kebakaran Kantor Koperasi Iyo Basamo dan Tersangkanya Hermayalis ?

Dibaca: 1713 kali  Selasa,26 April 2016 | 17:48:59 WIB
Kebakaran Kantor Koperasi Iyo Basamo dan Tersangkanya Hermayalis ?
Ket Foto : kebakaran menghanguskan kantor dan barak koperasi iyo basamo, berapa waktu lalu
KAMPAR-Kebakaran kantor dan barak Koperasi Iyo Basamo, yang terjadi pada Sabtu malam (23/04/16) lalu, suatu hal yang luar biasa. Karena bertepatan dalam bulan Maret 2016 , Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkinang menerima berkas berstatus Tersangkanya Hermayalis dalam dugaan kasus penggelapan di Koperasi yang di pimpinnya.
 
Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Kampar, AKBP Ery Apriyono, saat ditanyakan wartawan kepadanya yang mendampingi Direskrimum Polda Riau Kombel Pol Rivai Sinambela, Selasa (26/04/16) saat berada di Desa Terantang, Kecamatan Tambang, dalam mencari dan menangkap pelaku pembakaran Koperasi Iyo Basamo. " Banar Ketua Koperasi Iyo Basmo 'Hermayalis' sudah berstatus tersangka dalam kasus penggelapan di koperasi Iyo Basamo dan sekarang berkasnya lagi dilengkapi oleh penyidiknya,"ujarnya
 
Dengan mendengar penyataan Kapolres Kampar, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi warga Desa Terantang, yang mana disebutkan linda (35), aneh terasa kebakaran ini, yang mana disaat hermayalis ditetapkan jadi tersangka oleh pihak kepolisian. " Dan sekarang terjadi kebakaran kantor dan barak koperasi. Ada apa dibalik ini, apakah ini ada motif menghilangkan barang bukti, sehingga kasusnya akan diam begitu saja,"ujarnya.
 
Bahkan yang lucunya lagi, aparat hukum malah seolah menuduh kami ini sebagai warga yang membakarnya. Padahal apa gunanya masyarakat membakar, karena itu milik kami. "Tetapi, kalau 'hermayalis' bisa dipastikan ada dugaanya. Sebab dia selaku ketua Koperasi, sudah dilaporkan oleh anggota koperasi dalam kasus penggelapan. Jadi memang dialah yang harus diselidiki polisi. Karena mau menghilangkan barang bukti yang sudah dia gelapkan,"pungkasnya.
 
Tokoh Masyarakat Desa Terantang Hendrizal, kebakaran kemarin itu cerita yang dia dapatkan dari masyarakat yang termasuk dalam kelompok tani 'Iyo Basamo', mereka berjarak lebih kurang 500 meter da tidak ada bentrok, namun tiba-tiba ada kebakaran dikantor mereka dan anggota hermayalis berhamburan lari.
 
"Jadi  saya menduga kebakaran yang terjadi ini ada motif untu menyalahkan anggota koperasi yang kontra dengan Ketua sekarang dipimpin 'Hermayalis'. Atau saya juga menduga ada motif untuk menghilangkan arsip Koperasi Iyo Basamo,"ujarnya yang sekarang menjabat Ketua Koperasi Iyo Basamo, terpilih dari hasil Rapat Anggota Luar Biasa dalam bulan April 2016 ini.
 
Hendrizal, juga menambahkan sengketa Koperasi Iyo Basamo ini di kepemimpinan ketua sekarang sudah berlangsung lama. Semua itu muncul karena ada dugaan penggelapan serta penipuan dan kasusnya di tahun 2012 lalu sudah kita laporkan di Polres Kampar. Namun belum ada penyelesaiannya sampai sekarang.
 
"Jadi kalau ini belarut-larut tidak diselesaikan akan banyak korban yang muncul, karena sekarang ini sesama anggota Koperasi sudah punya masa yang pro dan kontra. Dan bahkan sekaran kami juga tertuduh dalam kasus kebakaran ini oleh polisi. Sedangkan hermayalis, tidak ada dicurigai oleh pihak kepolisian,"tuturnya.
 
Ia juga menyebutkan juga, sebelum terjadi kebakaran kemarin itu, dirinya sudah menghubungi pihak keamanan Polsek Tambang, untuk ada ditempat lokasi.
 
"Karena masa yang kontra, melarang untuk dilakukannya panen sawit terhadap lahan koperasi. Sebab saat itu, ketua koperasi sekarang membawa masa yang bukan anggota koperasi. Tapi tukang pukulnya ada dari luar menghadang warga, secara tiba api juga muncul di kantor dan barak Kantor Koperasi,"ujarnya.
 
 
Penulis : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri