di Natuna Segera dibangun Pelabuhan kontainer Internasional

Dibaca: 854 kali  Minggu,17 April 2016 | 12:48:44 WIB
di Natuna Segera dibangun Pelabuhan kontainer Internasional
Ket Foto : Ilustrasi Pelabuhan
NATUNA - Kepala Bappeda Pemerintah Provinsi Kepri, Naharuddin mengatakan Natuna akan dibangun pelabuhan kontainer skala internasional.  Pembangunan tersebut di prioritaskan pemerintah, karena Natuna masuk kawasan strategis nasional.
 
“Natuna merupakan kawasan strategis nasional, dimana terdapat legitimasi dalam perencanaan. 
 
Bagi Pemerintah Kabupaten Natuna harus lebih semangat memperjuangankan sebagai daerah perbatasan Indonesia, kita dari pemerintah provinsi akan selalu membantu dan mensuport bersama kementeriat dan lembaga terkait,”Kata Naharuddin, di Ranai, Rabu (13/4) lalu.
 
Lanjut Naharuddin, kebijakan pusat telah direncanakan untuk dibangun pelabuhan konteiner dunia, wacana ini tidak main-main. Pemerintah Natuna secepatnya harus merencanakan dan persiapan.
 
“ Kalau meminta program yang urgensi harus dilengkapi dengan perencanaan. Kalau tidak dilengkapi dengan perencanaan jangan harap akan terealisasi,”jelasnya.
 
Dijelaskannya, pemerintah provinsi sudah menargetkan beberapa pelabuhan di Natuna tahun 2016 ini akan mulai difungsikan. Diantaranya pelabuhan Pelni di Kecamatan Serasan, Kecamatan Midai dan Kecamatan Pulau Laut.
 
“ Kita akan memperjuangkan dalam penambahan kapal penumpang untuk melayani ke Natuna, sehingga rute ke Natuna semakin singkat. Yang biasanya tujuh hari sekali, tapi dengan adanya penambahan kapal akan
dipersingkat menjadi empat hari sekali,”tutupnya. 
 
Hal senada disampaikan Kepala Dinas PU Provinsi Kepri, Heru Sukmoro mengatakan, tahun ini Pemprov akan fokus ke infrastruktur jalan di Natuna. Pemerintah telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk memabngun beberapa infrastruktur di antaranya dua unit jembatan yakni jembatan Curing dan jembatan Sungai Tengah Kecamatan Bunguran Barat.
 
Ia merinci, anggaran yang tersedia untuk jembatan Curing sebesar Rp. 12 miliar dan pembangunan jembatan sungai tengah Pemprov telah menyediakan anggaran sebesar Rp7 miliar.
 
"Tahun seperti kata Pak Gubenur fokus kita di Natuna pada infrastruktur. Tahun depan kita bangun dua unit jembatan, ada jembatan Curing dan ada juga jembatan Sungai tengah. Anggarannya sudah tersedia, dan semoga saja tidak ada perubahan," kata Heru di Kantor Bupati Natuna, beberapa waktu lalu.
Jembatan tersebut rencananya akan dibangun dengan sistem rangka baja karena jembatan itu berada di jalur lintas dengan jalan yang cukup besar dan ke depannya menjadi ramai.
 
Selain membangun jembatan, Pemprov juga akan menyelesaikan sejumlah infrastrukur jalan yang belum selesai pembangunanya di Natuna di  antaranya jalan trans Batubi -- Klarik yang menelan anggaran sebesar Rp10 miliar dan Jalan Batubi - Tanjung Kudu Rp20 miliar.
 
"Ada juga jalan yang akan segera dikerjakan, pembangunan ini bersifat lanjutan karena pada tahun sebelumnya sudah dilaksanakan pembangunannya tapi belum rampung karena anggaran," jelasnya.
 
Dikatakannya, keseluruhan pembangunan di atas sedianya diselesaikan pada APBD 2015, hanya saja karena tahun itu Provinsi Kepri mengalami defisit maka pembangunan tersebut terpaksa ditunda.
 
"Sebetulnya kalau sesuai jadwal pembangunan ini sudah selesai tahun 2015, tapi harap maklum lah, kita kan mengalami defisit yang cukup signifikan tahun itu. Tahun depan kita lanjutkan lagi," pungkasnya.
 
 
Sumber: HK
 
 
Editor: Aulia
 
 
 
 
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri