Kini, Pertumbuhan Pangsa Pasar Investasi Syariah Lebih Dominan

Dibaca: 391 kali  Senin,28 Maret 2016 | 12:39:06 WIB
Kini, Pertumbuhan Pangsa Pasar Investasi Syariah Lebih Dominan
Ket Foto :

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat menjadi pusat bagi perkembangan produk investasi berbasis syariah, baik di tingkat global maupun regional. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan produk investasi syariah, khususnya produk pasar modal menunjukkan pertumbuhan cukup signifikan.

Bahkan, hingga akhir 2015 lalu, pertumbuhan pangsa pasar saham syariah lebih dominan dibandingkan dengan non-syariah. Dilihat dari sisi produk, jumlah saham syariah tercatat 318 saham atau 61 persen dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia.

Selain itu, jumlah saham syariah pada sepanjang 2015 meningkat 34 persen menjadi 318 saham sejak Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) diluncurkan pada 2011. Kala itu, saham syariah berisi 237 saham.

Sementara itu, agar masyarakat semakin mengenal pasar modal syariah beserta produk-produknya, BEI bersama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) serta didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Festival Pasar Modal Syariah 2016. Pameran ini berlangsung sejak Rabu, 30 Maret 2016, hingga Sabtu, 2 April 2016 di Gedung BEI, Jakarta. "Acara ini untuk mengubah paradigma masyarakat kita untuk beralih dari saving society menjadi investing society dan kembali membangun kesadaran dan ketertarikan publik terhadap pasar modal syariah," ujar Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Di samping itu, imbuh Nicky, acara ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan tingkat literasi masyarakat yang masih rendah, khsuusnya di pasar modal. Berdasarkan data BEI, pertumbuhan jumlah investor saham syariah di Indonesia meningkat 76 persen walaupun jumlahnya baru 4.908 investor berdasarkan single investor identification (SID). Dengan demikian, jumlah investor saham syariah tersebut baru mencapai 1 persen dari total investor saham yang jumlahnya mencapai 434.443 SID.

Nicky menyatakan, pihaknya menargetkan 6.000 orang pengunjung pada acara Festival Pasar Modal Syariah 2016. "Melalui Festival Pasar Modal Syariah 2016 diharapkan pemahaman calon investor tentang produk pasar modal syariah dapat tumbuh. Sehingga, akan dapat meningkatkan minat dan keyakinan masyarakat tentang produk investasi pasar modal syariah yang berlanjut terhadap peningkatan jumlah investor lokal di pasar modal domestik," jelas Nicky.

Editor : Nida SanGhary
Sumber : kompas.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri