Afrizal Jalani Pemeriksaan Di Kejaksaan Negeri Pekanbaru

Dibaca: 1148 kali  Jumat,25 Maret 2016 | 13:36:21 WIB
Afrizal Jalani Pemeriksaan Di Kejaksaan Negeri Pekanbaru
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU - Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan pengadaan mobil dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Afrizal, menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Kamis (25/3) kemarin.

Afrizal diperiksa dalam proses penyidikan kasus dugaan korupsi kelebihan besaran silinder atau CC kedua mobil dinas tersebut.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Pekanbaru, Dharma Natal, membenarkan hal tersebut. Dikatakan Dharma, Afrizal merupakan PPTK pertama pada kegiatan tersebut.

"Iya. Yang bersangkutan (Afrizal,red) itu selaku PPTK pertamanya. Memang ada dua PPTK, ini (Afrizal) yang pertama. Kita butuh keterangannya," ungkap Dharma, Jumat (25/3).

Terkait adanya dua PPTK dalam kegiatan tersebut, Dharma enggan berbicara jauh menjelaskannya, termasuk dugaan tipikor pada tahapan tersebut.

"Itu sudah masuk materi penyidikan, gak bisalah (dijelaskan,red)," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Kejari Pekanbaru saat ini sedang melakukan penyidikan dugaan korupsi atas kelebihan silinder atau CC atas mobil dinas Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau.

Pembelian tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2007 tentang standarisasi sarana dan prasarana kerja pemerintah daerah. Kelebihan besaran silider atau CC masing-masing 300 dan 1.300 cc untuk Kendaraan dinas Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. Persoalan ini terungkap berdasarkan LHP Provinsi Riau Tahun 2013 lalu yang dikeluarkan oleh BPK Perwakilan Riau.

Dalam data audit BPK disebutkan terjadi pemborosan anggaran akibat pengadaan kendaraan tersebut. Pejabat pembuat komitmen tidak memperhatikan ketentuan yang berlaku. Dalam rekomendasinya, BPK meminta kepada Gubernur untuk memberikan sanksi kepada Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen.

Total nilai kedua kendaraan tersebut mencapai lebih dari Rp4 miliar. Kendaraan tersebut telah lunas dibayar kepada pihak rekanan pemenang tender, CV Kana Surya Sejahtera, untuk pengadaan mobil dinas Gubernur, dan CV Surya Dinda untuk pengadaan mobil dinas Wakil Gubernur Riau.

Penulis : Dian
Editor : Nida SanGhary

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri