Kejari Bangkinang Tahan Pelaku Penipuan Umroh Rp.150 juta

Dibaca: 804 kali  Selasa,22 Maret 2016 | 16:59:09 WIB
Kejari Bangkinang Tahan Pelaku Penipuan Umroh Rp.150 juta
Ket Foto : ilustrasi penipuan umroh dan haji
BANGKINANG- Pelaku penipuan Umroh Rp.150 juta, inisial SD (46), Selasa (22/03/16) ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkinang. Karena telah merugikan 11 orang korbannya di wilayah Kabupaten Kampar.
 
Demikian disampaikan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Bangkinang,  Herlambang Saputro, SH, saat diruangan kerjanya.
 
Helambang menyebutkan, masalah ini bermula dari laporan korban yang akan berangkat umroh sebanyak 11 orang, yang tidak jadi berangkat umroh. Salahsatunya  korban  Zubir, menjelaskan dia yang berniat akan berangkat umroh, lalu menjumpai tersangka SD yang memiliki Travel Umroh  PT. Armineraka Perdana Cabang Bangkinang.
 
"Saat jumpa itu tersangka menyuruh korban untuk mencari 11 orang yang akan berangkat umroh. Karena sekarang lagi Promo umroh biayanya hanya Rp.17 jutaan,"ujarnya.
 
Kasi Pidum juga menambahkan, yang mana tersangka SD, juga menerangkan kepada korbanya mengenai keberangkatan umroh promo tersebut hanya ada pada tanggal 21 Maret 2012.
 
"Akhirnya korban mendapatkan 11 orang yang ingin berangkat umroh dan bahkan udah membayar uang keberangkatannya. Bahkan terdakwa meminta uang 500 ribu untuk pengalihan pesawat kepada peserta umroh. Namun sayang tidak apa yang dijanjikan untuk berangkat sesuai jadwal oleh tersangka, tidak pernah terealisasi,"pungkasnya.
 
Oleh sebab itu, kata Herlambang. Oktober 2014 silam para korban penipuan umroh melaporkan tersangka Polres Kampar dan  baru maret 2016 ini berkas perkara lengkap. "Untuk pelaku langsung kita tahan supaya tidak menghilangkan barang bukti dan melarikan diri. Selain itu pelaku juga kita jerat dengan pasal 378 dan 372  yang ancaman hukumannya 4 tahun penjara,"tegasnya.
 
 
Penulis : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri