Dua Hal Ini Jadi Faktor Pendorong Penguatan Rupiah Versi BI

Dibaca: 291 kali  Kamis,17 Maret 2016 | 14:01:05 WIB
Dua Hal Ini Jadi Faktor Pendorong Penguatan Rupiah Versi BI
Ket Foto : ilustrasi

JAKARTA — Bank Indonesia (BI) melaporkan, pada Februari 2016, secara tahun berjalan atau year to date (YTD), nilai tukar rupiah menguat 3,09 persen ke level 13.372 per dollar AS.

Bank sentral menyebut, berlanjutnya aliran masuk modal asing dan menurunnya permintaan valuta asing untuk keperluan transaksi domestik telah mendorong penguatan rupiah.

"Tren apresiasi rupiah ditopang oleh meningkatnya aliran masuk modal asing, termasuk di pasar saham," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Bank sentral mencatat, aliran modal asing di pasar saham pada bulan Februari sudah tercatat positif.

Hal ini sejalan dengan prospek ekonomi domestik yang semakin baik.

Adapun dari sisi domestik, penguatan rupiah didorong persepsi positif investor terhadap prospek perekonomian Indonesia.

Ini sejalan dengan penurunan BI Rate dan paket kebijakan pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi dan implementasi proyek infrastruktur yang semakin efektif.

Menurunnya nominal transaksi valuta asing antar-penduduk pasca-pemberlakukan Peraturan Bank Indonesia Kewajiban Penggunaan Rupiah, dari sebelumnya rata-rata 7,3 miliar dollar AS per bulan, menjadi kurang dari 3 miliar dollar AS per bulan pada Januari 2016, juga turut mendukung penguatan rupiah.

Dari sisi eksternal, penguatan rupiah ditopang semakin meredanya risiko di pasar keuangan global, sejalan dengan pelonggaran kebijakan moneter di beberapa negara maju.

"Ke depan, Bank Indonesia akan tetap menjaga stabilitas nilai tukar sesuai dengan nilai fundamentalnya," kata Tirta.

Editor : Nida SanGhary
Sumber : kompas.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri