11 Ton Solar Diamankan Direktorat Polisi Air Polda Riau

Dibaca: 867 kali  Selasa,15 Maret 2016 | 07:25:01 WIB
11 Ton Solar Diamankan Direktorat Polisi Air Polda Riau
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU- Sebanyak 11 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar tanpa kelengkapan dokumen diamankan jajaran Direktorat Polisi Air Polda Riau, di perairan Desa Hidayat, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir.

Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Senin (14/3). Dikatakan Guntur, pengungkapan tersebut dilakukan pada Minggu (13/3) kemarin.

"Solar tersebut tersimpan dalam delapan tangki besar berukuran satu ton," ungkap Guntur.

Selain menyita barang bukti BBM, polisi juga mengamankan dua orang tersangka berinisial MEK (31) dan DS (31).

Menurut Guntur, pengungkapan itu berawal saat Satuan Pol Air Polres Indragiri Hilir melakukan patroli rutin di perairan Kecamatan Pelangiran. Saat itu, petugas tengah melakukan patroli tersebut, dan melihat sebuah kapal bertuliskan KM Jaya Abdi GT 6 sedang membawa 11 ton BBM jenis solar.

Saat dilakukan pemeriksaan, nakhoda kapal MEK justru tidak dapat menunjukkan dokumen resmi pengangkutan BBM tersebut.
    
"Sementara itu, dari pengakuan tersangka, yang bersangkutan mendapatkan BBM itu dari kapal tunda Kurnia XXI," jelasnya.
     
Berawal dari informasi tersebut, polisi yang sebelumnya telah mengamankan MEK dan kapalnya langsung melakukan pengejaran terhadap kapal tunda atau "Tug Boat" Kurnia XXI. Kapal tersebut selanjutnya ditemukan petugas sedang bersandar di Kecamatan Kateman, Indragiri Hilir.
     
"Dari pengungkapan itu, polisi mengamankan nakhoda kapal berinisial DS," sebut Guntur.
     
Guntur mengatakan dari pemeriksaan sementara diketahui bahwa kedua tersangka akan mendistribusikan solar itu ke sejumlah daerah di Indragiri Hilir. "Mereka menyalahi
tentang undang-undang perniagaan," tegasnya.

Saat ini, kedua tersangka berikut barang bukti berupa 11 ton Solar tanpa dokumen, KM Jaya Abadi GT 6 dan kapal tunda Kurni XXI diamankan di Mapolres Indragiri Hilir guna menjalani penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut. Saat ini oknum bersangkutan telah diserahkan ke Komando Resor Militer 031/WB guna menjalani pemeriksaan dan ketentuan hukum yang berlaku.


Penulis : Dian
Editor : Nida SanGhary

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri