Mantan Sekda Meranti Ditetapkan Tersangka

Dibaca: 1121 kali  Selasa,15 Maret 2016 | 07:01:04 WIB
Mantan Sekda Meranti Ditetapkan Tersangka
Ket Foto : Ilustrasi

PEKANBARU -Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan lahan Pelabuhan Dorak di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selain dia, tiga orang lainnya juga mendapat status yang sama.

Demikian diungkapkan Pelaksana Harian Asistem Pidana Khusus Kejati Riau, Rohim, Senin (14/3). Dikatakan Rohom, penetapan tersangka tersebut dilakukan pada awal Maret 2016 lalu.

"Penetapan tersangka dilakukan pada 1 Maret (2016) kemarin. Ada empat orang tersangka," sebut Rohim yang didampingi Kepala Seksi Penyidikan Kejati Riau, Rachmad Lubis.

Adapun keempat tersangka tersebut, sebut Rohim, yakni inisial Z yang merupakanmantan Sekda, SI selaku Kepala BPN Kepulauan Meranti, MH selaku Kabid Aset di Pemkab Meranti, dan AA dari pihak swasta yang merupakan penerima kuasa penjual tanah.

Sejak ditetapkannya sebagai tersangka, lanjut Rohim, sejumlah saksi dijadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Hari ini (kemarin,red), kita periksa Yuliarso selaku mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setdakab Meranti, Sugeng yang merupakan pihak perantara, dan Simin selaku pemilik tanah," pungkas Rohim.

Untuk diketahui, penyidikan kasus ini jauh lebih maju dari yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau yang menangani dari sisi dugaan korupsi pada pembangunan fisik pelabuhan tersebut.

Di Polda Riau, kasus korupsi pembangunan jembatan di provinsi termuda di Riaun tersebut masih sebatas penyelidikan, dalam artian petugas masih mencari bukti telah terjadinya tindak pidana yang merugikan keuangan negara.

Sementara di Kejati Riau, kasus ini ditingkatkan ke tahap penyidikan pada 22 Januari 2016 lalu berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: PRIN-02/N.4/Fd.1/01/2016. Surat ini ditandatangani Kepala Kejati Riau, Susdiyarto Agus Praptono pada 22 Januari 2016.

Sejumlah pihak juga telah pernah diklarifikasi dalam kasus ini. Sebut saja Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti seperti Iqaruddin, dan mantan Sekdakab Kepulauan Meranti, Yuliarso, yang juga merupakan mantan Kabag Tapem Setdakab
Meranti.

Penulis : Dian
Editor : Nida SanGhary

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri