Rumah Makin Nyaman dengan Cat Anti Bocor

Dibaca: 354 kali  Minggu,13 Maret 2016 | 05:40:17 WIB
Rumah Makin Nyaman dengan Cat Anti Bocor
Ket Foto : ilustrasi

JAKARTA – Cat adalah salah satu elemen penting untuk menambah indah penampilan rumah. Warna cat mampu menampilkan atmosfer dan efek yang berbeda bagi sebuah ruangan.

Akan tetapi, cat tidak selalu terkait dengan estetika, namun juga berfungsi untuk melindungi rumah dari ancaman cuaca ekstrem.

Pilihan cat ada baiknya memperhitungkan kondisi iklim di mana rumah tersebut berada. Jenis cat yang dipilih di lokasi dengan tingkat curah hujan tinggi tentu berbeda dengan lokasi yang kering. Perbedaan ini juga diaplikasikan pada cat pelindung yang dipilih, agar rumah berada dalam kondisi yang baik dalam segala cuaca.

Bocor adalah salah satu tantangan yang dihadapi oleh rumah yang berada di lingkungan dengan curah hujan tinggi. Demi melindungi dari tetesan air hujan, yang mungkin mengganggu tidur lelap Anda, cat pelapis anti bocor adalah solusinya. Cat ini cocok diaplikasikan di berbagai tempat, khususnya atap dan dinding bagian luar.

Dengan cukup banyaknya cat yang mengklaim sebagai cat anti bocor di luar sana, Anda bisa meminta rekomendasi ahli bangunan, mengenai cat anti bocor apa yang kira-kira cocok dengan kondisi dan lingkungan rumah Anda. Cat anti bocor dengan brand terkenal belum tentu cocok dengan kondisi di rumah Anda.

Aplikasi Cat Anti Bocor

Agar cat anti bocor bisa memberikan hasil terbaik, cara pengaplikasian akan menentukan hasilnya. Berikut ini adalah tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum dan ketika mengaplikasikan cat anti bocor:

• Bersihkan permukaan dari kotoran, debu, karat, minyak, jamur, dan cat yang sudah lapuk, lalu keringkan.

• Oleskan cat anti bocor pada permukaan beton atau dinding yang mengalami retak rambut dengan kape (kuas cat yang lebih kecil dan bulu yang lebih halus) agar celah terisi sempurna.

Langkah selanjutnya adalah aplikasi. Pastikan bidang yang hendak dilapisi benar-benar kering. Sapukan cat anti bocor secara merata hingga diperoleh daya sebar akhir 1 kg/m² dengan dua kali pelapisan.

Pastikan seluruh permukaan, terutama yang kasar dan tidak rata terlapisi sempurna. Anda juga bisa menggunakan alat airless spray untuk mengaplikasikan cat ini.


Editor : Nida SanGhary
Sumber : okezone.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri