Berkat LRT, Indonesia Dapat Irit BBM Hingga Rp1,7 Triliun

Dibaca: 336 kali  Sabtu,12 Maret 2016 | 08:21:09 WIB
Berkat LRT, Indonesia Dapat Irit BBM Hingga Rp1,7 Triliun
Ket Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Pembangunan Light Right Transit (LRT) Jabodetabek saat ini telah memasuki proses pembangunan konstruksi. Pada tahun 2018, pemerintah menargetkan masyarakat Ibukota telah dapat menggunakan moda transportasi tanpa masinis ini.

Pembangunan LRT ini diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi sehingga dapat mengurangi kemacetan. Dengan begitu, pembangunan LRT ini juga ditargetkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM), khususnya di Jabodetabek.

Menurut Direktur III PT Adhi Karya, Joko Prabowo, pembangunan LRT ini nantinya dapat menghemat konsumsi BBM Hingga Rp1,7 triliun. Asumsi ini diperkirakan apabila sebagian besar masyarakat Jabodetabek beralih dari moda transportasi pribadi dan menggunakan LRT sebagai pilihan utama transportasi.

"Dengan adanya LRT, diharapkan penyebaran masyarakat bisa merata. Kemacetan diselesaikan, dan penghematan dari segala sisi. BBM saja secara pernah dihitung perkiraan Rp1,7 t penghematan dari macet," kata Joko dalam konferensi pers pada peringatan ulang tahun perseroan ke-56 di kantor pusat Adhi Karya, Jakarta, Sabtu (12/3/2016).

Demi mencapai target ini, lanjut Joko, Adhi Karya hingga beberapa tahun mendatang akan fokus pada pembangunan LRT di Jabodetabek. Bahkan, Adhi Karya pun kasih mengurungkan niatnya untuk melakukan ekspansi ke negara-negara di Asia Tenggara.

"Fokus kita ke sana. Kita akan terus berkembang ke Asia Tenggara, karena pasar ada di Indonesia, kita tidak keluar. Orang luar aja masuk ke sini, masa kita keluar," tandasnya.


Editor : Nida SanGhary
Sumber : okezone.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri