Kenalkan Wisata Bahari, Bupati Ingin Pulau Jemur Dikembangkan

Dibaca: 337 kali  Sabtu,12 Maret 2016 | 08:01:39 WIB
Kenalkan Wisata Bahari, Bupati Ingin Pulau Jemur Dikembangkan
Ket Foto : Bupati Rokan Hilir, H Suyatno

BAGANSIAPIAPI - Pemkab Rokan Hilir (Rohil) mendorong upaya berbagai pihak agar potensi Pendapatan Daerah (PAD) mengalami peningkatan secara signifikan. Sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah diinstruksikan Bupati Rohil H Suyatno untuk bekerja dengan maksimal, bersungguh-sungguh dan kreatif untuk optimalisasi pendapatan daerah.

Saat mengelar Rapat Koordinasi (rakor) dan dan evaluasi instansi pengelolaan Pendapatan Daerah dalam rangka optimalisasi penerimaan pendapatan daerah 2016 di gedung serbaguna Bagansiapiapi, bupati mengungkapkan penilaiannya bahwa selama ini ada kesan kinerja jajarannya masih lemah.

"Masa bergantung dengan DBH Migas terus? Harus betul-betul bekerja untuk daerah ini. Saya melihat kinerja Dispenda, misalnya, masih kurang optimal. Penagihan PBB tak menyeluruh, contohnya rumah saya tak pernah ditagih," katanya. Bupati tak menutup mata rendahnya PAD dari sektor pajak dan retribusi lainnya karena ada oknum yang bermain.

"Saya tahu itu, pasti ada juga yang bermain tapi jumlahnya tak banyak. Tak mungkin tak ada. Kalau terungkap, kami akan ambil tindakan tegas," katanya.

Bidang lain yang bisa dimaksimalkan, seperti pungutan parkir dan retribusi menara yang ditangani Dishubkominfo. Bupati tak lupa menyinggung soal potensi yang bisa diperoleh dari sektor pariwisata. "Saya kira keberadaan pulau Jemur itu sangat menjanjikan. Mana ada kabupaten kota di Riau yang punya pulau seperti pulau Jemur. Panorama alamnya bagus, terletak di perairan perbatasan. Ini harus dikembangkan," katanya.

Saking terobsesinya dengan pengembangan pulau Jemur sebagai andalan wisata bahari di Riau, bupati berencana untuk pengadaan kapal fery cepat dengan kapasitas penumpang 100 hingga 150 orang. Ferry tersebut nantinya khusus mengangkut pengunjung ke pulau Jemur dari Bagansiapiapi.

"Fasilitas umum harus disiapkan di pulau Jemur, bangun pemondokan, siapkan semua sarana pendukung, bangun fasilitas air bersih. Air laut bisa jadi tawar dan lain-lain yang diperlukan," katanya. Tapi kata bupati mengingatkan, untuk pengelolaan pulau Jemur, ada baiknya dikelola langsung oleh BUMD yang khusus memperhatikan pulau tersebut.


Editor : Nida SanGhary
Sumber : Riaupos.co

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri