Galakan Gerakan Takut Bakar

Letkol. Kav. Yudi Prasetio : Kodim 0313, Lakukan Sayembara Berhadiah

Dibaca: 1365 kali  Rabu,09 Maret 2016 | 16:54:26 WIB
Letkol. Kav. Yudi Prasetio : Kodim 0313, Lakukan Sayembara Berhadiah
Ket Foto : Dandim 0313/ KPR, Letkol. Kav. Yudi Prasetio
KAMPAR-Untuk mencegah Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), Gerakan Takut Bakar, harus ditanamkan kepada masyarakat. Semua itu untuk menghindari terjadinya kebakaran lagi ditahun 2016.
 
Demikian disampaikan Dandim 0313/ KPR, Letkol. Kav. Yudi Prasetio, di aula Kodim 0313 KPR, Selasa (08/03/16) kemarin.
 
Ia menyebutkan, selama ini penanganan hukum terhadap pelaku karlahut sangat bertele-tele sekali. Sehingga sangat susah menjerat pelaku pembakaran lahan. 
 
"Lihat saja selama ini untuk menjerat pelakunya harus menghadirkan saksi ahli, jika tidak ada saksi ahli pelakunya bisa bebas begitu saja. Padahal pihak aparat hukum susah payah menangkap mereka, ""ujarnya.
 
Untuk itu harus punya cara dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan ini, sebut Letkol. Kav. Yudi Prasetio. Yaitu, dengan mendorong masyarakat untuk melapor kejadian dan kita berikan hadiah bagi masyarakat yang mengetahuinya,"pungkasnya.    
 
Makanya untuk mencegah kebakaran ini, Kodim 0313 KPR akan memberikan sayembara berhadiah uang Rp.2 juta, bagi masyarakat yang melaporkan pelaku pembakaran hutan dan lahan. "Bahkan bagi pelapor juga akan kita berikan sertifikat tanda watga kehormatan dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0313/KPR,"ungkapnya.
 
Mulai sekarang masyarakat tidak perlu takut, tak terkecuali melaporkan perusahaan pembakar lahan. Ia juga menyerukan warga tidak enggan melaporkan tetangga atau keluarganya yang melakukan pembakaran.
 
"Inilah cara menghentikan bencana kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang telah 18 tahun rutin menyiksa masyarakat Riau. Seperti bencana dahsyat tahun 2015 lalu, yang membuat masyarakat menderita,"pungkasnya.
 
Bahkan untuk menangkap para pelaku pembakaran hutan ini, ucap Dandim. Dirinya sudah kordinasi dengan Kapolres baik Kampar, Rohul dan Pelelawan, untuk meminjam pakaikan sel yang ada di Kodim 0313/KPR. " Jika sel yang ada di Polres tidak muat untuk menampung pelaku pembakaran hutan, silahkan di pergunakan sel yang di Kodim ,"jelasnya.
 
 
Penulis : Aulia
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri