Dinas Kelautan Bantu Nelayan Urus Sertifikat Tanah

Dibaca: 388 kali  Rabu,09 Maret 2016 | 14:54:07 WIB
Dinas Kelautan Bantu Nelayan Urus Sertifikat Tanah
Ket Foto : Ilustrasi

KUALA PEMBUANG - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan membantu para nelayan daerah itu mensertifikatkan tanah agar dapat digunakan untuk mendapat bantuan modal dari perbankan.

"Rencananya ada program sertifikasi tanah khusus nelayan lewat Program Nasional Agraria (Prona). Ini dalam rangka meningkatkan permodalan bagi nelayan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Seruyan Priyo Widagdo di Kuala Pembuang, Rabu (9/3/2016).

Dia menjelaskan, tahap awal program sertifikasi tanah tersebut diprioritaskan bagi nelayan Seruyan yang tergolong kurang mampu namun masih menggunakan alat tangkap terlarang seperti trawl.

"Lewat program sertifikasi tanah tadi diharapkan mereka akan punya akses permodalan ke bank untuk mengganti alat tangkap nelayan di daerah tersebut," katanya.

Menurut dia, sebagian besar nelayan yang ada di "Bumi Gawi Hatantiring" masih tergolong dalam masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Selama ini mereka sulit sekali mendapat bantuan modal dari perbankan karena tidak adanya agunan atau jaminan.

Sulitnya mengakses bantuan permodalan dari perbankan telah membuat nelayan di Seruyan kesulitan membangun usaha perikanan, sehingga akhirnya tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan juga tidak mengalami peningkatan.

"Kita berharap nelayan akan mampu meningkatkan kesejahteraannya melalui program sertifikat lahan nelayan ini. Kalau sektor perikanan meningkat, maka pertumbuhan ekonomi daerah ini akan meningkat pula di masa mendatang," katanya.

Editor : Nida SanGhary
Sumber : okezone.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri