Mobil Baru Keluaran 2018 di Indonesia Sudah Harus Berstandar Euro4

Dibaca: 517 kali  Rabu,09 Maret 2016 | 01:32:33 WIB
Mobil Baru Keluaran 2018 di Indonesia Sudah Harus Berstandar Euro4
Ket Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Kendaraan bermotor yang beredar dan dijual di Indonesia saat ini masih menerapkan standar emisi Euro2. Namun hal ini tak akan berlangsung lama, sebab dalam dua tahun mendatang akan diberlakukan standar emisi Euro4 untuk mobil baru saat itu.

Direktur Pengendalian Polusi Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dasrul Chaniago, dalam sebuah diskusi tentang kendaraan listrik di Depok beberapa waktu lalu mengatakan, aturan mengenai standar Euro4 sedang dipersiapkan oleh kementerian terkait.

"Rencana Euro4 ini akan berlaku dua tahun sejak peraturan menteri ditandatangani. Sekarang peraturan yang kami buat sudah masuk. Itu ada dua point yang new dan yang current," jelas dia.

Dasrul menambahkan, untuk kategori new adalah mobil baru yang akan diproduksi dalam jangka dua tahun ke depan. Sementara current ialah model yang sedang diproduksi saat ini.

"Untuk current itu yang sekarang sedang berjalan, empat tahun ke depan akan diganti ke Euro4. Jadi jika ditandatangani sekarang, maka empat tahun ke depan itu jadi 2020. Ini kan sedang berjalan teknologinya, jadi kami enggak bisa langsung switch. Yang model baru, 2018 sudah Euro4," pungkas dia.

Upaya menerapkan standar Euro4 di Indonesia sudah disuarakan oleh para agen pemegang merek (APM) mobil premium Jerman. Hal ini terkait dengan jauhnya gap antara standar yang berlaku di Eropa dan Indonesia. Di Eropa sendiri saat ini berlaku standar Euro5 dan akan naik ke Euro6 dalam waktu dekat.

Dampaknya, para produsen mobil harus melakukan down grade mesin mobil yang diimpor agar bisa memenuhi spesifikasi bahan bakar yang dijual di Indonesia. Jika gap semakin jauh, bukan tidak mungkin produsen mobil Jerman bakal menghentikan pengiriman mobil ke Indonesia. Mereka sudah tidak mungkin lagi men-down grade mesin.



Editor : Nida SanGhary
Sumber : okezone.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri