APSI Riau, Tunjuk Asep Ruhiat sebagai Ketua DPW

Dibaca: 797 kali  Minggu,06 Maret 2016 | 13:21:01 WIB
APSI Riau, Tunjuk Asep Ruhiat sebagai Ketua DPW
Ket Foto : Asep Ruhiat SAg SH MH

PEKANBARU-Segenap anggota Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Provinsi Riau, sepakat menunjuk Asep Ruhiat SAg SH MH, sebagai Ketua DPW APSI Riau untuk empat tahun ke depan.

Proses pemilihan sendiri digelar di Sekretariat DPW APSI, Jalan Handayani Nomor 369, Sabtu (5/3).

Penunjukan Asep sebagai Ketua DPW APSI Riau ini berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat para anggota yang jumlahnya sekitar 30 an orang pengacara. Di pengurusan sebelumnya, Asep menjabat sebagai Sekretaris DPW APSI Riau, dimana Hasan Basri SAg SH MH sebagai ketuanya.

Hasan Basri kepada sejumlah awak media mengungkapkan kalau penunjukkan Asep Ruhiat secara aklamasi berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat para anggota. Hasan berharap di masa kepemimpinan Asep Ruhiat, DPW APSI Riau kedepannya bisa lebih baik.

"Agenda yang menjadi prioritas APSI Riau, yakni pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia para anggota, dan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu," sebut Hasan, Minggu (6/3).

Sementara itu, Asep Ruhiat menerangkan kalau setelah menyusun struktur kepengurusan yang baru, pihaknya akan melakukan audensi dengan Pelaksana Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, dan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Prof DR H Munzir Hitami MA.

"Di periode sebelumnya, Gubri Riau, Bapak Rusli Zainal duduk sebagai Dewan Penasihat APSI. Senin besok, kami akan beraudiensi dengan Plt Gubri, Bapak Arsyadjuliandi Rachman meminta kesediaan beliau sebagai Dewan Penasihat APSI Riau periode 2016-2020," ungkap Asep.

Menurut Asep, APSI ini berlatarbelakang lulusan Syariah yang menjadi seorang advokat. Dalam perjalanannya, lulusan Syariah bukan hanya mengabdi di Pengadilan Agama, tetapi juga masuk ke dalam ranah Pengadilan Negeri (PN), baik kasus pidana seperti korupsi dan pidana lainnya maupun perdata. Begitu juga yang dari umum juga masuk ke Pengadilan Agama.

"Makanya yang bergabung di APSI ini kini sudah berbaur. Tetapi, tentu kesyariahan tetap dipegang teguh," tukasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Undang UndangNomor 18 tahun 2003, APSI merupakan salah satu organisasi yang ikut melahirkan Persatuan Advokat Indonesia (Peradi). DPW APSI
Riau ini dibentuk dengan dibawah pimpinan tokoh hukum dan para guru besar di universitas.

Sementara, di periode 4 tahun ke depan, Prof DR Syafrinaldi SH MCL didaulat sebagai Ketua Dewan Kehormatan‎, dan Plt Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman sebagai Dewan
Pembina didampingi Prof Dr H Munzir Hitami MA, Prof DR H Akbarizan MA MPd, Prof Dr H Alaidin Koto MA, DR Hajar M MH, serta Dr H Wiranto SH MH.


Penulis: Dian
Editor : Nida SanGhary

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri