Herliyan Saleh akhirnya resmi ditahan

Dibaca: 760 kali  Kamis,03 Maret 2016 | 13:30:09 WIB
Herliyan Saleh akhirnya resmi ditahan
Ket Foto : ilustrasi

PEKANBARU-Herliyan Saleh akhirnya resmi ditahan Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kamis (3/3). Hal itu dilakukan setelah penyidik melengkapi berkas perkara mantan Bupati Bengkalis dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan dana hibah di Kabupaten Bengkalis.

Sebelum dilakukan penahanan, Herliyan Saleh menjalani pemeriksaan lanjutan di Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru. Dimana prosesnya dimulai
sejak pukul 13.00 WIB. Di sela-sela pemeriksaan, tampak Tim Dokter dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Riau menyambangi Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap mantan orang nomor satu di Negeri Sri Junjungan tersebut.

Sekitar pukul 17.00 WIB, Herliyan Saleh yang didampingi Kuasa Hukumnya, Aziun Asyaari, keluar dari Kantor Dit Reskrimsus Polda Riau. Tidak sepatah katapun keluar
dari mulut Herliyan Saleh. Begitu juga, dengan Kuasa Hukumnya, Aziun Asyaari. Keduanya tampak buru-buru memasuki mobil Toyota Fortuner warna putih dengan nomor polisi BM 421 UN, untuk selanjutnya digiring ke Mapolda Riau untuk dilakukan penahanan.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Arif Rahman Hakim, membenarkan perihal penahanan terhadap Herliyan Saleh. "Iya (ditahan). Kita sudah P21 (berkas dinyatakan lengkap,red)," jawab Arif menanggapi pertanyaan awak media terkait penahanan Herliyan Saleh.

Lebih lanjut, mantan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau tersebut menyatakan kalau pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan, untuk proses hukum berikutnya.

"Kita sudah berkoordinasi dengan kejaksaan. Dalam waktu dekat akan kita lakukan tahap II (pelimpahan tersangka dan barang bukti,red)," tegas Arif Rahman.

Dalam proses perjalanan kasus yang turut menyeret sejumlah nama dari anggota DPRD Bengkalis periode 2009-2014, Herliyan Saleh pernah diperiksa. Terakhir, mantan orang
nomor satu di negeri Sri Junjungan tersebut diperiksa Selasa (16/2). Kala itu, Herliyan diperiksa dalam statusnya sebagai saksi untuk tersangka lainnya, sekaligus dirinya sebagai tersangka.

Dalam kasus ini Penyidik Dit Reskrimsus Polda Riau telah menetapkan tujuh orang sebagai pihak yang diduga bertanggungjawab. Selain Herliyan Saleh dan Azrafiani Aziz
Rauf, juga terdapat nama sejumlah nama dari kalangan DPRD Bengkalis periode 2009-2014. Mereka, yakni Jamal Abdillah yang telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Selanjutnya, Hidayat Tagor, Rismayeni, serta Muhammad Tarmizi dan Purboyo. Empat nama yang disebut terakhir masih menjalani proses persidangan.

Dalam penyaluran dana hibah ini, diduga turut melibatkan sejumlah nama lainnya, yang diketahui masih berkeliaran bebas dan belum tersentuh hukum.


Penulis : Dodi Ferdian
Editor : Nida SanGhary

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri