Pesawat Intai Surveillance Dikerahkan untuk Pantau Kondisi Sumbar Via Udara Pasca Gempa 7,8 SR

Dibaca: 645 kali  Kamis,03 Maret 2016 | 03:33:17 WIB
Pesawat Intai Surveillance Dikerahkan untuk Pantau Kondisi Sumbar Via Udara Pasca Gempa 7,8 SR
Ket Foto : Pesawat intai TNI-AU

PEKANBARU - Skadron Udara 5, Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (3/3/2016) mengerahkan pesawat intai jenis Boeing 737-200, untuk memotret langsung dampak gempa 7,8 SR yang melanda Kepulauan Mentawai malam tadi.

Pesawat intai tersebut terbang dari Makassar menuju Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Kamis pagi tadi. Darisana, Boeing 737-200 lalu terbang menuju wilayah udara Sumatera Barat, termasuk ke Kepulauan Mentawai.

"Ini spesifikasinya jenis pesawat intai milik TNI-AU. Tujuannya memantau dan memotret dari udara. Kali ini kita kerahkan untuk melihat dampak gempa yang terjadi tadi malam via udara," sebut Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Mayor Sus, Rizwar.

seperti yang dilansir goriau.com Rizwar melanjutkan, setelah terbang memutari Sumatera Barat, pesawat ini rencananya bakal mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. "Setelahnya terbang lagi ke Mentawai untuk melanjutkan misi dan kembali ke Makassar," ungkap dia.

Sebagai catatan, Pesawat ini punya daya jelajah tinggi dan dapat mengawasi seluruh kegiatan diatas permukaan laut perairan Indonesia. Pesawat Boeing 737 Surveillance ini berpangkalan di Lanud Hasanuddin, Makassar.

pesawat ini, mampu mengawasi secara sistematis, baik itu ruang udara, kondisi daratan, dan perairan, lokasi atau tempat dari aktivitas sekelompok manusia atau obyek lainnya secara visual, aural, fotografis, elektronis, atau dengan cara lainnya.


Editor : Nida SanGhary
Sumber : goriau.com
 

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri