OJK: Aku Cinta Keuangan Syariah

Dibaca: 434 kali  Rabu,02 Maret 2016 | 12:53:13 WIB
OJK: Aku Cinta Keuangan Syariah
Ket Foto : ilustrasi OJK

Jakarta- Otoritas Jasa Keuangan semakin giat mengkampanyekan ‘Aku Cinta Keuangan Syariah’. Kampanye ini bertujuan agar masyarakat bisa semakin mengenal dan terus merasa dekat dengan produk dan jasa layanan keuangan syariah. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan Industri syariah secara umum.

Dalam rangka kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS), OJK bersama industri keuangan syariah memiliki berbagai perencanaan program sosialisasi dan komunikasi keuangan syariah yang akan dilaksanakan selama tahun 2016.

Program sosialisasi tersebut akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia melalui program Expo /pameran, program training of trainers, dan workshop yang bersifat pelatihan kepada elemen masyarakat. Bahkan, OJK turut berencana untuk menyelenggarakan Keuangan Syariah Fair 2016 (KSF) di berbagai kota di Indonesia untuk mendekatkan masyarakat dengan industri keuangan syariah.

“Industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik (campaign) agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Disamping itu juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan,” kata Deputi Komisioner OJK Pengawas Bank I Mulya E Siregar.

Nantinya, Program ACKS juga akan berfungsi sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah, Serta memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat untuk berinteraksi dengan lembaga-lembaga keuangan syariah terkemuka di Indonesia.

Keuangan Syariah Fair akan dibuat dengan format pameran (expo) industri keuangan syariah, dengan peserta dari industri keuangan syariah antara lain: Bank Syariah, Pasar Modal Syariah, lndusti Keuangan Non—Bank (IKNB) Syariah dan sektor riil yang akan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang keunggulan produk dan jasa Keuangan syariah yang sudah sama bagusnya, sama lengkapnya, dan sama modernnya layaknya produk jasa keuangan konvensional.

Pembukaan rangkaian Kampanye ACKS 2016 akan digelar di mall Gandaria City Jakarta pada tanggal 3-6 Maret 2016. Kegiatan KSF Jakarta tersebut akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang didampingi oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Nelson Tampubolon.

Pada pembukaan acara tersebut juga akan dilakukan acara ceremony, sebagai bentuk dukungan terhadap industri keuangan syariah, antara lain:

1. Launching Buku Standar Produk Perbankan Syariah (Produk Murabahah dan Produk Musyarakah termasuk Musyarakah Mutanaqisah)
2. Launching Working Group SiKOMPAK SYARIAH (Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Keuangan Syariah)
3. Soft Launching Kerjasama OJK dengan Ikatan Sarjana Ekonom Indonesia (ISEI), Asbisindo dan UIN melalui pendirian laboratorium Bank Syariah Mini di kampus.
4. Pernyataan Komitmen dukungan ATM Prima dan ATM Bersama dengan ASBISI NDO untuk peningkatan layanan perbankan syariah di Indonesia.
5. Layanan Terpadu Konsumen Keuangan Syariah oleh Departemen Perlindungan Konsumen OJK

Rangkaian KSF Jakarta akan diikuti oleh 36 perusahaan keuangan syariah yang terdiri dari 16 perbankan syariah, 10 industri pasar modal syariah dan 10 IKNB syariah. Selain itu, juga akan ada acara iB Goes To School “Tabungan SimPel iB”, Talkshow Produk dan Jasa Keuangan Syariah, Talkshow Perencanaan Keuangan bersama Aidil Akbar, Workshop Perbankan Syariah kepada Guru, Talkshow “Investasi dan Kebebasan Finansial Keluarga”, Workshop kepada netizen “iB Blogger Meet Up” bersama Kompasiana serta berbagai panduan acara edukasi dan entertainment mengenai Keuangan Syariah, seperti Dongeng Syariah untuk anak dan senam santai SKJ Section.

Masih belum cukup? Tenang, karena juga akan ada kemeriahan rangkaian perlombaan, diantaranya Lomba Mewarnai, Ranking 1 Syariah, Lomba Marawis, Lomba Make Over Hijab dan Lomba Healthy Food Creation dengan nilai total hadiah puluhan juta rupiah.




Editor : Nida SanGhary
Sumber : Liputan6.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri