Rupiah Rp13.375, Awali Maret dengan Bergerak Flat

Dibaca: 348 kali  Selasa,01 Maret 2016 | 02:46:37 WIB
Rupiah Rp13.375, Awali Maret dengan Bergerak Flat
Ket Foto : ilustrasi

JAKARTA - Mengawali Maret ini, nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung bergerak flat. Rupiah melemah tipis di Rp13.375 per USD.

Melansir dari Yahoofinance, Selasa (1/3/2016) nilai tukar Rupiah hanya turun 10 poin atau 0,07 persen ke Rp13.375 per USD. Adapun pergerakan pagi ini di kisaran Rp13.365-Rp13.375 per USD.

Sementara itu, Bloomberg Dollar Index dalam perdagangan Spot Exchange Rate di Asia, mencatat Rupiah menguat tipis yakni 10 poin atau 0,07 persen di angka Rp13.365 per USD. Adapun pergerakkan hariannya berada di kisaran Rp13.353-Rp13.377 per USD.

Kepala Riset NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan, pengaruh menguatnya mata uang Yen diharapkan masih memiliki dampak positif bagi Rupiah. Ditambah lagi harga-harga komoditas yang cenderung membaik juga akan menjadi sentimen positif.

"Kembali menguatnya laju Yen dan beberapa komoditas diharapkan dapat memberikan imbas positif bagi laju Rupiah untuk dapat bertahan di tren kenaikannya. Kami pun masih mengharapkan adanya kenaikan lanjutan, jika ada sentimen yang positif yang cukup memberikan dorongan penguatan pada laju Rupiah," kata Reza dalam risetnya.

Dia menjelaskan, Rupiah dan Yen merupakan mata uang dunia yang berhasil menguat ditengah jatuhnya mata uang negara-negara yang lain. Reza menilai fundamental ekonomi Indonesia yang kian menguat menjadi faktor hal tersebut bisa terjadi.

"Pergerakan Rupiah mendapatkan berbagai sentimen positif diantaranya harga minyak yang kini berada di level USD32 per barel, meredanya kekhawatiran akan ekonomi China, hingga pertemuan G20. Lalu dari dalam negeri, Menteri Keuangan Indonesia menyuarakan akan optimisme keuangan lokal hingga antisipasi terhadap rilis inflasi yang diperkirakan akan stabil melihat tidak banyaknya lonjakan harga yang terjadi," pungkasnya.


Editor : Nida SanGhary
Sumber : okezone.com

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri