BTN Diminta Jadi Pelopor Bank KPR Rendah

Dibaca: 351 kali  Kamis,25 Februari 2016 | 17:41:28 WIB
BTN Diminta Jadi Pelopor Bank KPR Rendah
Ket Foto : ilustrasi KPR
JAKARTA – Turunnya BI Rate ke level 7% seharusnya dapat memicu penurunan suku bunga kredit pemilikan rumah. Namun, saat ini Suku bunga dasar bank masih berada di posisi dua digit.
 
Terkait itu, BTN yang dikenal sebagai market leader KPR, diminta menjadi pelopor bank yang menurunkan suku bunga KPR.
 
Berdasarkan riset yang dilakukan Indonesia Property Watch terlihat bahwa setiap penurunan 1% suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) akan meningkatkan potensi pasar sebesar 4-5%.
 
CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan dengan penurunan yang ada dari 7,5% menjadi saat ini 7% dimungkinkan suku bunga KPR turun menjadi satu digit.
 
Berdasarkan pantauan IPW saat ini Suku Bunga Dasar (SBDK) masing-masing Bank masih berada di dua  digit.
 
“Jika suku bunga KPR menjadi satu digit  berarti akan ada potensi peningkatan pangsa pasar KPR 10% - 25% pada 2016,” katanya dalam siaran resmi yang dikutip Bisnis, Kamis (25/02/16).
 
SBDK bank yang masih belum turun disayangkan IPW, bahkan Bank BTN yang menjadi market leader KPR dan dikenal sebagai ‘bank perumahan’ seharusnya dapat menerapkan bunga yang lebih rendah dibandingkan bank lainnya.
 
“Bank BTN sebagai bank perumahan harus menjadi pelopor untuk menurunkan suku bunga KPR. Saat ini bahkan BTN masih memberikan suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan bank lain dan bertolak belakang dengan visi bank BTN sebagai bank perumahan,” ujarnya.
 
Para konsumen pun diminta lebih teliti ketika banyak bank yang menerapkan strategi bunga fixed selama 1- 3 tahun, sebut saja KPR Panin yang menerapkan bunga fixed 10,28%, KPR BCA 8,88% –10%, KPR CIMB Niaga 8,88% – 10,25%, KPR Mandiri 9%, KPR BRI 9,75%, dan BTN 9,6%.
 
Bunga fixed tersebu harus disikapi konsumen bijak karena setelah periode fixed, cicilan langsung melonjak ketika nanti bunga pada tinggi.
 
Namun, dengan tren pasar, saat ini seharusnya momen konsumen untuk menggunakan KPR.
 
Senada dengannya, Direktur Marketing Riscon Realty Aviv Mustaghfirin juga mengimbau agar BTN dapat menjadi pelopor Bank dengan bunga KPR yang rendah.
 
Menurutnya dengan tren penurunan suku bunga ini akan sangat memengaruhi pertumbuhan penjualan perusahaan properti jika didukung dengan kebijakan KPR perbankan yang rendah.
 
"Pak Wakil Presiden juga sudah mengimbau BTN yang nantinya fokus menjadi spesialis perumahan untuk segera menurunkan bunga KPR-nya, kalau sudah begitu diharapkan dapat memicu bank lainnya," kata Aviv belum lama ini.
 
 
Editor     : Aulia
Sumber : Bisnis.com
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri