Tunggu Jembatan Selat Sunda, Pelabuhan Harus Diperbaiki

Dibaca: 790 kali  Selasa,09 September 2014 | 03:37:00 WIB
Tunggu Jembatan Selat Sunda, Pelabuhan Harus Diperbaiki
Ket Foto :

JAKARTA - Proses pembangunan megaproyek Jembatan Selat Sunda (JSS) yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera dipastikan akan diserahkan ke pemerintahan mendatang. Meskipun, proyek tersebut masuk ke dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"JSS masih dalam tahap paling yang dasar sekali, jadi serahkan ke pemerintahan baru kebijakannya," ucap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (9/9/2014).
 
CT menegaskan, yang pasti sambil menunggu pembangunan proses JSS yang memakan waktu panjang, dia akan meminta Kemenhub membangun jembatan laut. "Artinya di Pelabuhan di Merak dan Bakauheni diperbaiki, kalau bisa diperbesar bahkan kalau perlu Pelabuhan Merak dipindahkan, kapal diperbanyak supaya dalam kapasitas besar," katanya.

Menurut CT, hal ini dilakukan agar menimbulkan efisiensi cost dan tidak ada masalah kemacetan seperti sekarang ini. "Situasi jadi murah serta efisien, enggak ada disparitas. Jawa ke Sumatera semua mudah ini bersatunya Jawa-Sumatera," papar CT.

"Saya bekerja tidak berdasarkan proyek, tapi ekonomi keseluruhan. Semua saya dorong sehingga tercipta perekonomian kita," pungkasnya.    (mrt)

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri