Kemenhub akan Wajibkan Maskapai Miliki Fasilitas Difabel

Dibaca: 449 kali  Selasa,09 September 2014 | 14:57:30 WIB
Kemenhub akan Wajibkan Maskapai Miliki Fasilitas Difabel
Ket Foto :

JAKARTA - Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta memenangkan penggugat dan memberikan denda kepada pemerintah dan Lion Air sebanyak Rp50 juta. Pasalnya mereka dianggap melakukan tindakan diskriminatif kepada penumpang yang memiliki keterbatasan.

Karenanya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta agar maskapai penerbangan dan pengelola bandara memiliki fasilitas untuk penumpang yang memiliki keterbatasan (Difabel). Saat ini kata Bambang, maskapai yang telah memiliki fasilitas itu seperti Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

"Sebetulnya di lapangan contohnya ada Garuda Indonesia bahkan Sriwijaya Air kita berikan layanan difabel," ungkap Bambang di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (9/9/2014).

Untuk itu, dirinya menekankan agar pihak maskapai memberikan pelayanan yang layak sehingga tidak ada sesuatu yang tidak diinginkan. Bambang mengungkapkan, pihaknya akan menaati dan mengikuti proses hukum yang berlaku. "Kita patuhi proses hukum," singkatnya.

Sekadar informasi, pemerintah dan maskapai penerbangan Lion Air dihukum Rp50 juta serta permintaan maaf di media massa karena dinilai diskriminatif.

Perlakuan diskriminatif itu adalah tidak memberikan perlakuan khusus kepada penumpang Lion Air yang memiliki keterbatasan karena naik kursi roda, Ridwan Sumantri.    (mrt)

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri