Mobil Menteri-Menteri Jokowi Seharga Rp1,8 M

Dibaca: 462 kali  Selasa,09 September 2014 | 03:15:00 WIB
Mobil Menteri-Menteri Jokowi Seharga Rp1,8 M
Ket Foto :

JAKARTA - Menteri baru, mobil dinas baru. Mereka diperkirakan menggunakan Mercedes Benz seri S 300 seharga Rp1,8 miliar, lebih mahal dari mobil dinas menteri-menteri era Susilo Bambang Yudhoyono, Toyota Royal Saloon, senilai Rp1,2 miliar.

"Perkiraan saya, mobil Mercedes-Benz S 300 senilai Rp1,8 miliar,"kata pengamat anggaran politik, Uchok Sky Khadafi kepada Okezone, Selasa (9/9/2014).

"Harga pemenang lelang sebesar Rp91,9 miliar dibagi harga mobil Mercedes-Benz tipe S 300 sebesar Rp1,8 miliar, maka akan mobil sebanyak 51 mobil untuk menteri, pejabat negara setingkat menteri," beber Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) itu.

Ucok melanjutkan, pagu anggaran yang sudah disediakan oleh Setneg sebesar Rp104,4 miliar. Kemudian, bila melihat lelang yang dilakukan setneg, HPS (Harga perkiraan sendirian) yang ditawarkan sebesar Rp101,1 miliar.

"Tapi, kalau kita dikritik ke setneg, pasti jawabannya setneg ngoyo dengan menyatakan bahwa harga mobil sudah diskon, dan uang masuk ke kas negara," sindir Ucok mengakhiri pembicaraan.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengaku lupa saat ditanya berapa nilai anggaran pengadaan dan tipe mobil yang akan digunakan oleh menteri Jokowi.

"Tipenya saya tidak hapal, tapi yang jelas itu yang termurah dan kalau tidak salah Mercedes Benz harganya itu jauh di bawah," kata Sudi saat ditemui di RSCM.
(ded)

Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
Berita Terkini
+ Indeks
indragiri