Wisata Fenomena Pasir Berbisik Pulau Beting Aceh Bengkalis-Riau

Dibaca: 181 kali  Senin,22 Juli 2019 | 14:11:43 WIB
Wisata Fenomena Pasir Berbisik Pulau Beting Aceh Bengkalis-Riau
Ket Foto : Wisata Fenomena Pasir Berbisik Pulau Beting Aceh Bengkalis-Riau
PULAU BETING ACEH, berada Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Pasir di sana berderit seolah membisikan sesuatu. Pulau Beting Aceh ini merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia. Posisinya berada di hamparan Selat Malaka. Pulau nan cantik ini kerap dikunjungi terutama ketika libur akhir pekan.
 
Pulau kecil dengan luas hanya sekitar 2 hektar ini sangat menarik. Hamparan pasir putih membentang di antara laut yang berwarna kebiruan. Di tengah pulau terlihat deretan pohon cemara laut berjejer. Bila cuaca sedang panas, pohon-pohon ini menjadi tempat pengunjung berlindung dari sengatan matahari. Ada fenomena unik di pulau tersebut. Pantainya yang berpasir putih akan mengeluarkan suara berderit ketika diinjak atau disentuh tangan. Orang menyebutnya Pasir Berbisik.
 
Pulau ini diperkirakan muncul karena adanya sedimentasi air laut yang membawa pasir menumpuk hingga menjadi sebuah pulau. Beting artinya gundukan pasir memanjang, namun karena berlangsung lama akhirnya membentuk sebuah pulau. Untuk namanya sendiri memang cukup aneh. Konon pernah ada nelayan asal Aceh yang terdampar di sini. Karena itulah pada akhirnya pulau ini dikenal sebagai Beting Aceh. Pulau ini tidak berpenghuni, jadi bagi anda yang ingin mendapatkan ketenangan sangat cocok untuk berkunjung ke pulau ini.
 
Selain pasir yang putih bersih, Anda juga bisa melihat pasir pantai yang bentuknya seperti ukiran dan terlihat semakin cantik di bawah genangan air laut yang tampak seperti cermin. Bagi anda yang tidak ingin kehilangan momen dan kenangan saat berada di pulau ini bisa berfoto, karena pulau ini memiliki spot foto yang indah yang tidak kalah dari pulau-pulau lainnya.
 
Waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi Beting Aceh ini adalah di sore hari, sekitar pukul 4 hingga 6 sore. Di jam-jam tersebut, Anda bisa melihat atraksi burung-burung migran yang melintasi pulau ini. Konon jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan burung. Bagi anda yang berada di daerah Pekanbaru, anda bisa menggunakan 2 alternatif akomodasi menuju ke Pulau Beting Aceh yaitu melalui darat dan juga melalui perjalanan air.
 
Jika menggunakan jalur darat dari Pekanbaru Anda harus melakukan perjalanan menuju kota Dumai, kemudian menyebrang Selat Rupat menuju Rupat selatan menggunakan kapal Roro dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Rupat utara sejauh 70km. Dan bagi anda yang ingin menikmati perjalanan air bisa menggunakan kapal penumpang dari Pekanbaru yang menyusuri Sungai Siak menuju Bengkalis. Kemudian dari Bengkalis, pengunjung bisa menyewa speed boat menuju Pulau Rupat.
 
Perjalanan menuju Beting Aceh bisa ditemput dari Desa Tanjung Medang atau dari Teluk Rhu. Dengan menyewa Speedboad warga, anda bisa mencapai pulau terpencil ini dengan waktu 45 menit.  
 
 
 
Sumber : ksmtour.com
 
site-verification: 5c46aec1e8f36ad51abb1ba9a9d33ca8
 
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri