Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Festival Malako Kociak

Dibaca: 110 kali  Minggu,14 Juli 2019 | 15:44:21 WIB
Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Festival Malako Kociak
Ket Foto : Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Festival Malako Kociak
FESTIVAL MALAKO KOCIAK Sebuah iven paripurna yang digelar dengan rangkaian acara-acara kesenian dan ritual adat seperti Pacu Bagalah, Parade Tutur Batimang “Gondang Oguang Batimang”, Ziarah Kubur, Semah Rantau dan Moncokou se-Rantau Kampar Kiri di tepian sungai subayang.
 
Pacu Bagalah adalah perlombaan perahu melawan arus dengan menggunakan galah sebagai pendorong. Galah sepanjang tiga meter ditancap ke dasar sungai lalu ditekan hingga perahu meluncur membelah air. Masing-masing perahu terdiri atas 2 orang pendayung. Mereka harus mencapai garis finish sejauh 50 meter.
 
Dentang bunyi Calempong berpadu dengan rentak bunyi Ketepak dan dengung Gong menyusupi perkampungan. Lagu-lagu khas dimainkan, warga tampak mulai berkumpul, pertanda “Mancokou” (Tradisi menangkap ikan lubuk larangan) akan dimulai.
 
Satu perahu maju tampil ke tengah sungai. Berisi lima orang. Seorang berdiri di haluan sambil menggenggam jala dan mengamati tiap sudut lubuk. Datuk Bomo adalah orang pertama yang bertugas menebar jala.
 
Alamat: Desa Tanjung Beringin, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar.
 
 
Sumber : @WonderfulKamparriau
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri