Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Puncak Batang Kapas Ada 4 Kolam dan 1 Lubuk Air

Dibaca: 45 kali  Minggu,14 Juli 2019 | 15:24:07 WIB
Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Puncak Batang Kapas Ada 4 Kolam dan 1 Lubuk Air
Ket Foto : Wonderful Kampar-Riau Pesona Wisata Puncak Batang Kapas Ada 4 Kolam dan 1 Lubuk Air
PUNCAK BATANG KAPAS terlihat indah dihiasi oleh hamparan lautan embun perbukitan menambah keeksotisan kawasan hutan ini.
 
Untuk diketuhui, di Puncak Air Terjun Batang Kapas terdapat 4 kolam dan 1 lubuk air. Lubuk inilah yang merupakan mata air Batang Kapas, walau ada beberapa aliran air kecil yang juga masuk ke lubuk ini. Air dari lubuk ini mengalir ke kolam-kolam di bawahnya yang selanjutnya jatuh dan membentuk Air Terjun Batang Kapas. Kolam-kolam yang ada di bagian atas puncak air terjun ini memiliki kedalaman bervariasi antara 1,8 meter hingga 3 meter. Kolam-kolam ini terbentuk dari gerusan air pada tanah kapur yang akhirnya membuat cekungan air. 
 
Untuk sampai ke Puncak Batang Kapas memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung kekuatan fisik pendaki. Dari pelataran air terjun kita mengarah ke kiri dari air terjun dan terus mendaki sampai di puncak tebing. Pendakian dilakukan karena kontur tanah yang cukup terjal bahkan terdapat 2 lokasi memiliki kontur tanah dengan kemiringan 90 derajat. Kondisi ini menyebabkan pendaki harus memanjat tebing batu atau tanah dengan berpegangan pada akar-akar pohon di sekitarnya. Dari puncak tebing perjalanan agak sedikit santai karena kontur tanah yang cukup datar walau ada beberapa kontur tanah yang turun naik dengan sudut kemiringan sampai 25 derajat.
 
Alamat: Desa Lubuk Bigau, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar.
 
 
 
Sumber : @WonderfulKamparriau
Akses Halobisnis.com Via Mobile m.halobisnis.com
Berita Terkait
Tulis Komentar
indragiri